Tuntaskan Kepemilikan Akte Kelahiran di Nagari, Ahmadi Zahari Kunjungi Sekolah-sekolah

By DUKCAPIL CERIA 20 Des 2017, 14:57:38 WIB Pencatatan sipil

Berita Terkait

Berita Populer

Tuntaskan Kepemilikan Akte Kelahiran di Nagari, Ahmadi Zahari Kunjungi Sekolah-sekolah

Kepemilikan akte kelahiran usia 0 - 18 tahun menjadi target yang harus dicapai oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman, selain target KTP-elektronik. Upaya-upaya mencapai target ini dalam bentuk pelayanan-pelayanan telah dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman, mulai dari pelayanan pada front-office, pelayanan langsung dilapangan/jemput bola dan pelayanan melalui petugas register kependudukan yang ada di nagari-nagari.


Bentuk pelayanan melalui petugas register nagari menjadi salah satu alternatif yang dapat mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Karena mereka berada dilingkungan masyarakat bertempat tinggal, maka akan mudah menerima keluhan dan kebutuhan masyarakat akan administrasi kependudukan. Meskipun di nagari terdapat petugas register kependudukan, tetapi belum semua nagari memanfaatkan keberadaan mereka untuk kebutuhan administrasi kependudukan seperti akte kelahiran, akte kematian, kartu keluarga dan lain sebagainya.

Salah seorang petugas register kependudukan nagari Balah Aia Utara, Ahmadi Zahari turut berperan dalam mensukseskan pelayanan administrasi kependudukan di nagari ini. Selaku petugas register nagari yang bertanggungjawab terhadap keperluan warganya, Ahmadi Zahari melakukan pelayanan jemput bola ke sekolah-sekolah, sampai mengantarkannya kembali ke sekolah tersebut. "Kepala Sekolah sangat terbantu akan program ini, mulai dari penjemputan sampai ke penyerahan kembali dokumen tersebut ke sekolah," Ahmadi Zahari menjelaskan.

Selain ke sekolah-sekolah, petugas register nagari juga diharapkan melakukan pelayanan jemput bola ke rumah-rumah penduduk atau pusat-pusat pelayanan balita seperti posyandu dan sebagainya. Ditempat seperti ini, akan semakin dekat dengan masyarakat. Selain itu bisa juga bekerjasama dengan dasawisma.

Menjelang akhir tahun ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman akan mengejar target 85% akte kelahiran. "Jika belum tercapai pada tahun ini, kita akan terus mencapai target ini pada tahun 2018 melalui pelayanan-pelayanan serupa dan akan ditingkatkan dari segi kuantitas dan pengelolaannya," jelas Kadisdukcapil Muhammad Fadhly. Kepala Dinas Dukcapil Padang Pariaman mengharapkan semua petugas register nagari melalukan pelayanan-pelayanan serupa, dengan kreativitas masing-masing tetapi dengan tujuan yang sama yaitu memberi kemudahan kepada masyarakat.