Dukcapil Ceria Fokus Pelayanan di Nagari, Dari Smart Nagari menuju Nagari Mandiri

By DUKCAPIL CERIA 12 Feb 2020, 14:30:00 WIB inovasi pelayanan
Dukcapil Ceria Fokus Pelayanan di Nagari, Dari Smart Nagari menuju Nagari Mandiri

Padang Pariaman, 12 Februari 2020

Dukcapil Ceria memulai pengembangan Nagari Sadar Administrasi Kependudukan dan Nagari Role Model Pelayanan Publik, dengan melakukan pertemuan dengan Wali Nagari terpilih pada Rabu 12 Februari 2020 di Prisma Room Dukcapil Ceria.

Kebijakan ini merupakan bagian dari pembinaan terhadap Nagari go digital. Dua puluh dari 103 nagari di Kabupaten Padang Pariaman terpilih sebagai Nagari Sadar Administrasi Kependudukan dan Nagari Role Model Pelayanan Publik. Kebijakan ini merupakan pengembangan secara berkelanjutan dari Nagari go digital (Baca: Nagari Go Digital, Program Disdukcapil Untuk Permudah Pelayanan di Era Millenial). Indikator terpilihnya nagari ini adalah :

  1. User
    Perkembangan user aplikasi dukcapil ceria mobile yang menduduki peringkat tertinggi di antara 103 nagari.
  2. Sumber Daya Manusia
    Dengan indikator kemampuan komunikasi, kerjasama tim, kuantitas dan kualitas, serta komitmen dan konsistensi SDM dalam mengelola dan melakukan peningkatan kualitas pelayanan publik.
  3. Sarana Prasarana
    Tersedianya perangkat pelayanan yang mendukung program nagari go digital.
  4. Opensid
    Tingkat perkembangan OPENSID (sistem informasi desa).WhatsApp Image 2020-02-12 at 10.54.11.jpeg

20 Nagari ini adalah:
1. Katapiang;
2. Sandi Ulakan;
3. Kayu Tanam;
4. Lareh Nan Panjang Selatan;
5. Kurai Taji;
6. Kasang;
7. Sicincin;
8. Kurai Taji Timur;
9. Lubuk Alung;
10. Malai V Suku;
11. Gasan Gadang;WhatsApp Image 2020-02-12 at 10.54.10.jpeg
12. Campago;
13. Batu Kalang;
14. Balah Aie;
15. Padang Toboh Ulakan;
16. Malai III Koto;
17. Tapakih;
18. Guguak;
19. Koto Dalam Selatan;
20. Parit Malintang.
WhatsApp Image 2020-02-12 at 10.54.09 (1).jpegDalam pemaparan, Kadis Dukcapil Ceria menjelaskan konsep Smart Nagari. Smart Nagari merupakan turunan dari konsep Smart City. Dengan penerapan Nagari Sadar Administrasi Kependudukan dan Nagari Role Model Pelayanan Publik akan mendorong penerapan Smart Nagari. Kebijakan Nagari Sadar Administrasi Kependudukan dan Nagari Role Model Pelayanan Publik merupakan bagain yang terintegrasi dengan kebijakan Nagari go digital. Dengan Kebijakan ini diharapkan akurasi data kependudukan di Nagari selalu terkini (up to date), serta pelaksanaan pelayanan di Nagari berbasis NIK dan dilakukan dalam konsep ONE STOP SERVICE.

Untuk mendukung kebijakan ini Dukcapil Ceria sedangkan menyiapkan sistem berbasis aplikasi Prisma Nagari. Dengan aplikasi yang terkoneksi dengan SIAK Nagari, Pemerintah Nagari bisa melakukan monitor terhadap perkembangan data kependudukan secara real time. Ke depannya kebijakan ini akan dilakukan koneksi dengan aplikasi Profil Desa/Kelurahan (Prodeskel) sehingga penginputan data kependudukan ke aplikasi prodeskel tidak dilakukan dengan manual seperti saat ini.

Dukungan kebijakan berikutnya adalah Dukcapil akan menyiapkan pembinaan teknis kepada perangkat Nagari. Pembinaan teknis dilakukan kepada Sekretaris Nagari, Kasi Pemerintahan, dan Kasi Pelayanan. Pembinaan teknis terhadap Sekretaris Nagari terkait teknis Nagari Sadar Administrasi Kependudukan dan Nagari Role MOdel Pelayanan Publik. Pembinaan terhadap Kasi Pemerintahan terkait operasional Administrasi Kependudukan. Sedangkan pembinaan terhadap Kasi Pelayanan terkait role model pelayanan publik sesuai dengan kemajuan teknologi saat ini.

Pada akhir pemaparan, Kadis Dukcapil Ceria dibantu oleh Administrator Database (ADB) Dukcapil Ceria melakukan demontrasi pengembangan aplikasi Dukcapil Ceria. Pengembangan aplikasi dilakukan dalam bentuk penyempurnaan tahapan proses cetak dokumen kependudukan di Nagari. Pada tahapan sebelumnya file PDF dokumen administrasi kependudukan yang sudah tanda tangan elektronik (TTE) oleh Kadis Dukcapil Ceria dikirim melalui email Nagari. Dengan pengembangan aplikasi proses ini dihilangkan. Aplikasi dilengkapi dengan barcode, sehingga pelaksanaan pencetakan dokumen bisa dilakukan dengan memindai kode barcode ke perangkat pemindai yang terkoneksi ke desktop, sehingga proses lebih efisien dan efektif. Dengan konsep ini Kadis Dukcapil Ceria memberikan tagline, dari Smart Nagari menuju Nagari Mandiri
Semangat inovasi dari Dukcapil Ceria…
Inspirasi inovasi untuk kemajuan Negeri…