Campago dan Sikucua Semangat Nagari Go Digital Tanpa Jaringan Internet Nagari

By DUKCAPIL CERIA 11 Des 2019, 15:02:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Campago dan Sikucua Semangat Nagari Go Digital Tanpa Jaringan Internet Nagari

Padang Pariaman, 11 Desember 2019

Nagari Campago dan Nagari Sikucua merupakan dua Nagari pilot projek dalam layanan Nagari go digital. (Baca: Nagari Pilot Project, Penerbitan Dokumen Kependudukan Langsung di Nagari) Sebagai Nagari pilot proyek, Campago dan Sikucua menunjukkan geliat yang cukup signifikan dalam upaya penerapan layanan Nagari Go Digital. Semangat untuk sejajar dengan Nagari lain di Padang Pariaman yang sudah dulu lebih maju dalam penerapan Nagari Go Digital.

Dukcapil Ceria menemukan hal tersebut pada saat monitoring dan evaluasi layanan Nagari Go Digital ke Campago dan Sikucua pada Rabu, 11 Desember 2019. Monev Dukcapil Ceria dilakukan oleh Kabid PIAK, Anda Marzuni, S.Sos, dan Kasi Pendataan Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP.

Di Nagari Campago Dukcapil Ceria bertemu dengan Wali Nagari Sumarjon, Sekretaris Nagari Ilfo, dan seluruh Perangkat Nagari. Dalam diskusi di Kantor Nagari Campago dibahas berbagai hal terkait layanan Nagari go digital dan pengelolaan administrasi kependudukan. Kantor Nagari belum memasang jaringan internet, sehingga untuk layanan yang menggunakan akses internet perangkat Nagari berinisiatif menggunakan paket internet dengan menggunakan smartphone. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap layanan Nagari go digital.

Campago 11des19b.jpeg

Dalam pengelolaan administrasi kependudukan, Nagari berharap adanya integrasi data kependudukan dalam pengelolaan profil Nagari. Selama ini input data kependudukan ke aplikasi prodeskel untuk pendataan profil Nagari dilakukan secara manual. Dengan data kependudukan yang terintegrasi dengan aplikasi prodeskel, diharapkan hasil pendataan untuk perkembangan Nagari sesuai dengan kondisi riil di lapangan.

Sementara itu, di Nagari Sikucua Dukcapil Ceria bertemu dengan Sekretaris Nagari Sikucua Fadil dan seluruh Kaur dan Kasi. Di Sikucua Dukcapil Ceria menemukan dalam kantor Nagari signal operator seluler yang tidak penuh sehingga berpengaruh pada proses komunikasi. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap layanan Nagari go digital karena belum adanya jaringan internet terpasang dalam Kantor Nagari. Untuk memanfaatkan layanan Nagari go digital perangkat Nagari berinisiatif melakukan geser posisi ke lobi Kantor untuk mendapatkan signal yang penuh pada saat melakukan aktivitas untuk Nagari go digital.

Walaupun jaringan internet belum terpasang di Kantor Nagari, baik Nagari Campago maupun Nagari Sikucua tetap semangat dalam penerapan Nagari go digital di Nagari. Untuk ketersediaan internet di Nagari, Pemerintah Nagari sudah memasukan dalam perencanaan penganggaran Nagari pada tahun 2020.

Semangat untuk Campago dan Sikucua, inspirasi untuk penerapan inovasi di Nagari.