Kampuang Galapuang Ulakan, mewujudkan impian Nagari seperti Singapura

By DUKCAPIL CERIA 26 Des 2019, 14:45:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Kampuang Galapuang Ulakan, mewujudkan impian Nagari seperti Singapura

Padang Pariaman, 26 Desember 2019

Kampuang Galapuang Ulakan sebagai salah satu Nagari yang memiliki wilayah yang kecil dan penduduk yang sedikit memiliki peluang untuk menjadi Nagari yang mandiri. Dengan wilayah yang kecil serta jumlah penduduk yang sedikit merupakan sebuah celah untuk memacu tingkat pertumbuhan yang cepat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Celah tersebut bisa dipacu melalui inovasi kebijakan oleh Pemerintahan Nagari dengan memanfaatkan serta mengembangkan semua potensi yang dimiliki oleh Nagari. Dengan inovasi kebijakan, Nagari Kampuang Galapuang akan menjadi seperti Singapura, dengan wilayah dan penduduk kecil serta tingkat kemajuan dan kesejahteraan yang tinggi.

Poin tersebut menjadi materi kunci pemaparan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman M. Fadhly. S, AP, MM dalam kegiatan peningkatan kapasitas Pemerintahan Nagari Kampuang Galapuang Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih. Agenda ini diikuti seluruh unsur Pemerintahan Nagari terdiri dari unsur Pemerintah Nagari dan Bamus Nagari. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 26 Desember 2019 bertempat di Kantor Nagari Kampuang Galapuang Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis.

Untuk mewujudkan Nagari kecil menjadi lebih gesit dan lincah seperti Singapura perlu dilakukan inovasi kebijakan. Inovasi kebijakan salah satunya dengan mengembangkan konsep smart Nagari dalam kebijakan di Nagari. Konsep smart Nagari diusung dari elemen-elemen Smart City, yaitu : Smart Governance (tata kelola pemerintahan), Smart Branding (branding daerah), Smart Economy (perekonomian), Smart Living (kualitas hidup dan kenyamanan), Smart Society (interaksi masyarakat) dan Smart Environment (kelestarian lingkungan).

Lebih lanjut Kadis Dukcapil Ceria memaparkan beberapa konsep penerapan Smart Nagari dengan memperhatikan potensi Nagari Kampuang Galapuang Ulakan. Potensi pasar Nagari serta kuliner merupakan salah satu yang menjadi sorotan untuk pengembangan smart Nagari. Menjadikan pasar Nagari sebagai salah satu ikon yang menarik untuk pengembangan sumber pendapatan Nagari melalui kebijakan menciptakan pasar yang bersih, tertib dan nyaman. Di samping mengembangkan inovasi melalui kebijakan pengembangan pasar yang ramah disabilitas, serta menyediakan toilet yang bersih.

Pada tataran kebijakan teknis, Dukcapil Ceria melalui Kasi Pendataan Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP memberikan pemaparan tentang kebijakan Nagari go Digital. Kebijakan Nagari go digital merupakan adopsi pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan. Nagari Kampuang Galapuang Ulakan merupakan Nagari yang masuk dalam pengajuan koneksi Dataware House (dwh) dengan openSID. Dengan adanya koneksi ini akan meningkatkan kualitas pelayanan di Nagari. (Baca: Koneksi DWH dengan openSID Tingkatkan Efektivitas Nagari Go Digital)

Pada kegiatan ini narasumber dari DPMD Kabupaten Padang Pariaman disampaikan Kabid Pemerintahan Desa Dion Pranata, S.STP. Kabid Pemdes memberikan pemaparan tentang tugas pokok dan fungsi Bamus Nagari berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 Tahun 2016. Berdasarkan Permendagri, Bamus Nagari memiliki fungsi membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Nagari bersama Wali Nagari; menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Nagari; melakukan pengawasan kinerja Wali Nagari. Terlaksananya fungsi Bamus Nagari akan membawa dampak terhadap kualitas penyelenggaraan pemerintahan Nagari.

Semangat go digital inspirasi inovasi dari Nagari untuk kemajuan Negeri.