Dukcapil Ceria Berbagi Inspirasi, Motivasi DPRD Tebo Duplikasi Inovasi

By DUKCAPIL CERIA 13 Feb 2020, 15:20:00 WIB inovasi pelayanan
Dukcapil Ceria Berbagi Inspirasi, Motivasi DPRD Tebo Duplikasi Inovasi

Padang Pariaman, 13 Februari 2020

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tebo melaksanakan kunjungan pada Kamis, 13 Februari 2020 ke Dukcapil Ceria. Kunjungan ini dipimpin oleh Karno, A.Md, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tebo, dan Husni Fahri, SE, Wakil Ketua Komisi I, bersama 6 orang anggota Komisi I lainnya.

Kunjungan dari DPRD Kabupaten Tebo ini juga didampingi langsung oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Khairul Nizam, S.Pi., MM. Tujuan dari kunjungan adalah untuk melakukan konsultasi dan sharing informasi tentang Sistem Administrasi Kependudukan Berbasis Pelayanan yang Optimal kepada Masyarakat ke Dukcapil Ceria dan DPRD Kabupaten Padang Pariaman.

Kunjungan dari DPRD Kabupaten Tebo disambut oleh Kadis Dukcapil Ceria M. Fadhly. S.AP, MM di Prisma Room Dukcapil. Diawali dengan ramah tamah serta minum teh ala Prisma Proom. Selanjutnya Dukcapil Ceria mengekspos semua program layanan yang diterapkan di dukcapil ceria, termasuk terkait anggaran inovasi dan program layanan.

WhatsApp Image 2020-02-13 at 10.39.38 (3).jpegSetelah pelaksanaan ekspos dari Kadis Dukcapil dilakukan sesi tanya jawab. Pada sesi ini Kadis Dukcapil menerima 3 pertanyaan dari DPRD Kabupaten Tebo. Salah satunya adalah terkait seringnya keluhan dan pelaporan dari masyarakat pada DPRD Kabupaten Tebo karena lamanya layanan administrasi kependudukan. Setelah OPD terkait dipanggil dan ditanyakan penyebab keluhan masyarakat, yang menjadi masalah adalah tentang kekurangan blangko KTP-El. Namun beberapa minggu ini walaupun sudah ada penambahan 4000 blangko KTP-El dari Dirjen Dukcapil Kemendagri untuk Kabupaten Tebo ternyata masih ada keluhan dari masyarakat terkait lambatnya pelayanan.

Kadis Dukcapil Ceria menjawab bahwa dalam pelayanan publik ada standar pelayanan. Jika ingin maju harus berpedoman pada standar pelayanan. Kalaupun tidak ada blangko KTP-El ada surat keterangan pengganti suket. Kemudian untuk mengganti suket ini, harus dibuat SOPnya. Seperti di dukcapil ceria semua masyarakat  yang menerima suket akan dicatat nama dan nomor telfonnya di layanan pengaduan. Pada saat blangko KTP El datang mereka akan diprioritaskan untuk dicetak. Nanti petugas pengaduan akan menghubungi masyarakat, bahwa ktpnya dapat dicetak dalam 2 atau beberapa hari, jadi masyarakat memiliki kepastian, untuk kasus tidak tersedianya blangko KTP-El.

WhatsApp Image 2020-02-13 at 10.39.38 (16).jpegKemudian harus dicek kembali, apakah selain pelayanan KTP, seperti dalam pengurusan KK, akta kelahiran atau akta kematian juga lamban, kalau benar ini berarti OPD terkait belum menerapkan prosedur dan SOP yang benar. Di Dukcapil Ceria kita menerapkan SOP dokumen kependudukan langsung selesai di tempat, jadi front officer dan masyarakat langsung melaksanalan serah terima saat itu juga.

Untuk hal ini yang perlu didalami oleh dukcapil terkait permasalahan ini adalah:

  1. Apakah sudah memiliki standar pelayanan yang memudahkan masyarakat.
  2. Apakah memiliki dan telah menerapkan syarat pelayanan. Di dalam syarat pelayanan ada 6 item, salah satunya waktu pelayanan. Apakah dukcapil menerapkan waktu pelayanan, 1 hari, 2 hari 6 hr atau 10 hari. Di dukcapil ceria, seperti yang telah disebutkan, masyarakat menunggu beberapa saat, face to face dokumen langsung selesai.
  3. Sempurnakan prosedur palayanan dan kualitas SDM operator. Front officer jangan terkotak-kotak. Prosedur kita rubah, satu operator ALL in ONE, bisa mengurus semua dokumen kependudukan seperti KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian, KTP, sehingga masyarakat tidak berpindah-pindah, dan tidak mengulang antrian jika ingin mengurus dokumen kependudukan yang lainnya.

Dari hasil pemaparan Dukcapil Ceria serta pelaksanaan diskusi, DPRD Tebo termotivasi untuk melakukan rapat kerja dengan Dukcapil Tebo untuk melakukan pengembangan inovasi. Sebagai kelanjutan kegiatan tersebut, DPRD Tebo berharap ada kelanjutan pertemuan ini dengan kunjungan Dukcapil Tebo ke Dukcapil Ceria dalam rangka sharing inspirasi dalam pengembangan dan penerapan inovasi.

Semangat inovasi Dukcapil Ceria.
Semangat berbagi inspirasi inovasi untuk kemajuan Negeri.

WhatsApp Image 2020-02-13 at 10.39.38 (2).jpegWhatsApp Image 2020-02-13 at 10.39.38 (13).jpegWhatsApp Image 2020-02-13 at 10.39.38 (7).jpeg