Dukcapil Ceria Berbagi Inspirasi, Motivasi DPRD Tebo Duplikasi Inovasi
Berita Terkait
- Kolaborasi Dukcapil Ceria - BPBD, Matangkan Sistem Informasi Manajemen Bencana0
- Melalui Rapat Koordinasi, Komitmen Sukseskan SP2020 Melalui Kolaborasi0
- Dukcapil Ceria - Dukcapil Pasaman Barat, Berbagi Inspirasi Pelayanan Masyarakat0
- Dukcapil Ceria, Komitmen Terhadap Kualitas Lakukan Evaluasi Tiada henti0
- Bawaslu - Dukcapil Ceria, Komitmen Bersama Pengawasan Pilkada0
- Evaluasi Standar Pelayanan Dukcapil Ceria, Kualitas adalah Prioritas0
- Layanan Online Meningkat, Tandikek Barat Gerak Cepat Dapatkan Internet Untuk Pelayanan Masyarakat0
- Pemberian Reward, Cara Cerdas Peningkatan Kualitas0
- Dukcapil Ceria New Normal0
- AKSS Nagari Pertama Menerapkan Dukcapil Ceria New Normal0
Berita Populer
- Mudah dan Gratis, Begini Pelayanan Online Dukcapil Padang Pariaman
- Mulai Terima Kunjungan Dari Luar Daerah, Dinas Dukcapil Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Penerimaan Tamu
- `Pulang Abih` Tetapi Tidak Mampu Mengurus Surat Pindah? Begini Caranya!
- Mau Tau Status Cetak KTP-el Anda? Ayo Cek Disini
- Cukup Menunggu 15 Menit setelah Perekaman, KTP-el Anda dapat di Cetak
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Memiliki Permasalahan Administrasi Kependudukan? Jangan Panik! Ada Layanan Pengaduan Disdukcapil
- Persiapan Penilaian Pelayanan Publik, Ini Aspek yang Harus Dipenuhi Disdukcapil
- Hubungi Kami di Layanan Pengaduan
- Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman
Padang Pariaman, 13 Februari 2020
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tebo melaksanakan kunjungan pada Kamis, 13 Februari 2020 ke Dukcapil Ceria. Kunjungan ini dipimpin oleh Karno, A.Md, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tebo, dan Husni Fahri, SE, Wakil Ketua Komisi I, bersama 6 orang anggota Komisi I lainnya.
Kunjungan dari DPRD Kabupaten Tebo ini juga didampingi langsung oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Khairul Nizam, S.Pi., MM. Tujuan dari kunjungan adalah untuk melakukan konsultasi dan sharing informasi tentang Sistem Administrasi Kependudukan Berbasis Pelayanan yang Optimal kepada Masyarakat ke Dukcapil Ceria dan DPRD Kabupaten Padang Pariaman.
Kunjungan dari DPRD Kabupaten Tebo disambut oleh Kadis Dukcapil Ceria M. Fadhly. S.AP, MM di Prisma Room Dukcapil. Diawali dengan ramah tamah serta minum teh ala Prisma Proom. Selanjutnya Dukcapil Ceria mengekspos semua program layanan yang diterapkan di dukcapil ceria, termasuk terkait anggaran inovasi dan program layanan.
Setelah pelaksanaan ekspos dari Kadis Dukcapil dilakukan sesi tanya jawab. Pada sesi ini Kadis Dukcapil menerima 3 pertanyaan dari DPRD Kabupaten Tebo. Salah satunya adalah terkait seringnya keluhan dan pelaporan dari masyarakat pada DPRD Kabupaten Tebo karena lamanya layanan administrasi kependudukan. Setelah OPD terkait dipanggil dan ditanyakan penyebab keluhan masyarakat, yang menjadi masalah adalah tentang kekurangan blangko KTP-El. Namun beberapa minggu ini walaupun sudah ada penambahan 4000 blangko KTP-El dari Dirjen Dukcapil Kemendagri untuk Kabupaten Tebo ternyata masih ada keluhan dari masyarakat terkait lambatnya pelayanan.
Kadis Dukcapil Ceria menjawab bahwa dalam pelayanan publik ada standar pelayanan. Jika ingin maju harus berpedoman pada standar pelayanan. Kalaupun tidak ada blangko KTP-El ada surat keterangan pengganti suket. Kemudian untuk mengganti suket ini, harus dibuat SOPnya. Seperti di dukcapil ceria semua masyarakat yang menerima suket akan dicatat nama dan nomor telfonnya di layanan pengaduan. Pada saat blangko KTP El datang mereka akan diprioritaskan untuk dicetak. Nanti petugas pengaduan akan menghubungi masyarakat, bahwa ktpnya dapat dicetak dalam 2 atau beberapa hari, jadi masyarakat memiliki kepastian, untuk kasus tidak tersedianya blangko KTP-El.
Kemudian harus dicek kembali, apakah selain pelayanan KTP, seperti dalam pengurusan KK, akta kelahiran atau akta kematian juga lamban, kalau benar ini berarti OPD terkait belum menerapkan prosedur dan SOP yang benar. Di Dukcapil Ceria kita menerapkan SOP dokumen kependudukan langsung selesai di tempat, jadi front officer dan masyarakat langsung melaksanalan serah terima saat itu juga.
Untuk hal ini yang perlu didalami oleh dukcapil terkait permasalahan ini adalah:
- Apakah sudah memiliki standar pelayanan yang memudahkan masyarakat.
- Apakah memiliki dan telah menerapkan syarat pelayanan. Di dalam syarat pelayanan ada 6 item, salah satunya waktu pelayanan. Apakah dukcapil menerapkan waktu pelayanan, 1 hari, 2 hari 6 hr atau 10 hari. Di dukcapil ceria, seperti yang telah disebutkan, masyarakat menunggu beberapa saat, face to face dokumen langsung selesai.
- Sempurnakan prosedur palayanan dan kualitas SDM operator. Front officer jangan terkotak-kotak. Prosedur kita rubah, satu operator ALL in ONE, bisa mengurus semua dokumen kependudukan seperti KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian, KTP, sehingga masyarakat tidak berpindah-pindah, dan tidak mengulang antrian jika ingin mengurus dokumen kependudukan yang lainnya.
Dari hasil pemaparan Dukcapil Ceria serta pelaksanaan diskusi, DPRD Tebo termotivasi untuk melakukan rapat kerja dengan Dukcapil Tebo untuk melakukan pengembangan inovasi. Sebagai kelanjutan kegiatan tersebut, DPRD Tebo berharap ada kelanjutan pertemuan ini dengan kunjungan Dukcapil Tebo ke Dukcapil Ceria dalam rangka sharing inspirasi dalam pengembangan dan penerapan inovasi.
Semangat inovasi Dukcapil Ceria.
Semangat berbagi inspirasi inovasi untuk kemajuan Negeri.