AKSS Nagari Pertama Menerapkan Dukcapil Ceria New Normal

By DUKCAPIL CERIA 27 Mei 2020, 15:20:00 WIB inovasi pelayanan
AKSS Nagari Pertama Menerapkan Dukcapil Ceria New Normal

Padang Pariaman, 27 Mei 2020

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman telah menetapkan kebijakan Dukcapil Ceria New Normal melalui rapat teknis internal pada Rabu siang, 27 Mei 2020. Kebijakan ini merupakan penguatan terhadap layanan Nagari Go Digital Adminduk (Nagita) yang telah diterapkan kepada seluruh Nagari di Kabupaten Padang Pariaman sejak akhir tahun 2019. Dengan kebijakan Dukcapil Ceria New Normal semua layanan adminduk dilakukan secara online kecuali untuk perekaman biometrik penerbitan KTP-el.  Kebijakan Dukcapil Ceria New Normal mendapatkan dukungan komitmen penuh dari Pemerintah Nagari Ambuang Kapua Sungai Sariak. Komitmen tersebut disampaikan oleh Sekretaris Nagari AKSS Ruswarzul kepada Kepala Dinas Dukcapil M. Fadhly. S, AP, MM pada Rabu sore, 27 Mei 2020.

Seknag AKSS melakukan koordinasi teknis ke Dukcapil untuk peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Nagari. Koordinasi teknis difasilitasi oleh Kadis Dukcapil bersama dengan Kasi Pendataan Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP, dan ADB Dukcapil Zulhari A.Md. Sebagai Nagari pemekaran yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2013 yang diimplementasikan pada tahun 2016, Nagari AKSS menunjukkan geliat pemerintahan dan pembangunan yang cepat. Untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dibutuhkan data kependudukan yang tertib dan akurat.Gambar mungkin berisi: 1 orang, layar dan dalam ruangan

Untuk mencapai akurasi data kependudukan tersebut, Dinas Dukcapil telah memfasilitasi Nagari AKSS dengan aplikasi SIAK Nagari dan aplikasi Prisma Nagari. Dari aplikasi SIAK Nagari bisa dilakukan pemindahan data kependudukan dari Nagari induk Sungai Sariak ke Nagari AKSS sesuai dengan data kependudukan riil di lapangan. Sedangkan aplikasi Prisma Nagari merupakan tampilan data kependudukan secara online dan real time yang bisa diakses oleh aparatur Pemerintah Nagari. Dengan data real time tentu akan memberikan kemudahan bagi aparatur Pemerintah Nagari dalam melaksanakan tugas serta mengambil kebijakan secara cepat dan tepat sesuai dengan kondisi kependudukan di Nagari.

Semangat Dukcapil Ceria

Bersama Nagari Kolaborasi Menerapkan Inovasi Untuk Kemajuan Negeri




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment