Nagari Pilot Project, Penerbitan Dokumen Kependudukan Langsung di Nagari

By DUKCAPIL CERIA 07 Nov 2019, 13:33:56 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Nagari Pilot Project, Penerbitan Dokumen Kependudukan Langsung di Nagari

Padang Pariaman, 7 November 2019.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman mulai merealisasikan program lanjutan Nagari Go Digital yang dapat menerbitkan langsung dokumen kependudukan di nagari-nagari melalui penyediaan alat pencetakan. (Read:Berikan Briefing Dukcapil Ceria Go-Digital kepada Petugas Internal Dukcapil, Kadisdukcapil jelaskan kedepannya akan dibuat QR Code)

dukcapil.jpg10 (sepuluh) nagari telah ditetapkan sebagai Pilot Project untuk diuji coba sebelum diterapkan langsung kepada 103 nagari di Kabupaten Padang Pariaman. 5 (lima) nagari gelombang pertama yaitu Nagari Seulayat Ulakan, Sandi Ulakan, Kapalo Koto, Kurai Taji Timur, dan Sikucua, ditetapkan pada jumat (1/11) lalu, sedangkan 5 (lima) nagari gelombang selanjutnya yaitu Nagari Ambuang Kapua Sungai Sariak, Gasan Gadang, Parit Malintang, Sungai Gimba Ulakan, dan Malai V Suku, ditetapkan pada senin (6/11).

Dengan adanya Nagari Pilot Project ini masyarakat sudah bisa mengurus dokumen kependudukan dan penerbitannya full langsung di nagari, dimana data dapat diinput sendiri melalui smartphone dengan menggunakan Aplikasi Dukcapil Ceria Digital atau dapat dibantu penginputan langsung oleh operator nagari,  sehingga penerbitan dokumen kependudukan yang diurus oleh masyarakat lebih cepat tanpa harus mengirim lewat PT. POS Indonesia dari Kantor Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman.

Untuk saat ini dokumen kependudukan yang dapat dicetak langsung di Nagari Pilot Project adalah Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, dan Akte Kematian. Dukcapil ceria melakukan dropped blangko secara berkala sesuai dengan kebutuhan masyarakat di nagari tersebut.

Ada beberapa poin kunci yang saat ini ditugaskan oleh Dukcapil Ceria kepada nagari di Kabupaten Padang Pariaman, yaitu:

  1. Menginformasikan kepada masyarakat terkait Nagari Go-Digital;
  2. Mengenalkan aplikasi Dukcapil Ceria Digital kepada masyarakat yang memiliki smartphone atau membuka lewat link web di perangkat komputer;
  3. Membantu instalasi aplikasi Dukcapil Ceria Digital serta membuat akun pribadi;
  4. Mengenalkan menu dalam aplikasi; 
  5. Mempraktekkan penggunaan menu layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil; serta
  6. Menginformasikan kepada masyarakat terkait Nagari Pilot Project (nagari yang sudah dapat menerbitkan dokumen kependudukan langsung) khusus untuk 10 Nagari Pilot Project.