Kolaborasi Layanan Bersama Nagari, Kantor Disdukcapil Sepi

By DUKCAPIL CERIA 17 Feb 2021, 12:11:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Kolaborasi Layanan Bersama Nagari, Kantor Disdukcapil Sepi

Keterangan Gambar : Pojok Taman diluar Kantor Disdukcapil sebagai salah satu alternatif ruangan tunggu terbuka untuk loket 20


Penerapan layanan administrasi kependudukan secara online melalui layanan Nagari Go Digital telah menimbulkan perubahan drastis dalam aktifitas pelayanan publik administrasi kependudukan. Pelayanan tatap muka yang dibatasi oleh ruang dan waktu sudah beralih menjadi pelayanan online tanpa batas ruang dan waktu. Akibat perubahan pola ini aktivitas pelayanan tatap muka di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menjadi sepi.

Disdukcapil Padang Pariaman telah menerapkan layanan online melalui aplikasi android Dukcapil Ceria Mobile dan aplikasi berbasis web melalui url : http://siak.padangpariamankab.go.id:81/androids/. Penerapan layanan ini dilakukan melalui kolaborasi dengan 103 Nagari di Kabupaten Padang Pariaman. Pada masing-masing terdapat admin Nagari yang membantu fasiliasi pelayanan online. Peran ini sebagai bagian dari pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Pemerintah Nagari sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2015, khususnya fungsi administrasi kependudukan.

Selama tahun 2020 jumlah pengajuan layanan online adalah lebih daria 86.000. Sedangkan selama bulan januari 2021 adalah.7.478. Dengan rata-rata pengajuan layanan online per hari 300 permohonan, Dengan angka tersebut tersebut, maka jumlah nominal yang kurang lebih sama dengan angka tersebut merupakan estimasi perkiraan kunjungan untuk layanan tatap muka per hari ke Disdukcapil. Dalam masa tatap muka ada rata-rata kunjungan ke Disdukcapil adalah 125 - 175 kunjungan per hari.

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment