Kunjungi Dukcapil Ceria, Pemkab Langkat Benchmarking Pelayanan Yang Membahagiakan Masyarakat

By DUKCAPIL CERIA 22 Okt 2020, 11:14:49 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Kunjungi Dukcapil Ceria, Pemkab Langkat Benchmarking Pelayanan Yang Membahagiakan Masyarakat

Pemerintah Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara menunjukkan komitmen tinggi untuk pelayanan publik yang membahagiakan masyarakat. Salah satunya fokus adalah dalam bidang pelayanan administrasi kependudukan. Sebagai bentuk komitmen tersebut, Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin menugaskan Staf Ahli Bupati Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Drs. H. Mulyono, M.Si bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk melakukan benchmarking ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman.

Staf Ahli Bupati Langkat melakukan kunjungan benchmarking bersama jajaran Dinas Dukcapil Kabupaten Langkat pada Kamis, 22 Oktober 2020. Dinas Dukcapil terdiri dari Kepala Dinas Faizal Rizal Matondang, S.Sos, M.AP, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Togu Hutagaol, SE, Kabid Pencatatan Sipil Ahmad Dian Fakhruzy, S.STP, M.AP, Kasi Perkawinan dan Perceraian Erwan SE, dan satu orang staf Surya Afandi

Kunjungan difasilitasi oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman (Dukcapil Ceria) di Prisma Room Dukcapil. Dalam agenda silaturahim di Prisma Room, Kepala Dinas Dukcapil M. Fadhly. S, AP, MM didampingi oleh Pelaksana Tugas Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP, Kasubag Umum dan Kepegawaian Rina Angriani, S.Kom, Kasi Kelahiran M. Devid, S.STP, Kasi SIAK Suhatman, S.Kom, MAP, dan Danti Ayu Fradina, S.IP creative tim Dukcapil Ceria. Dalam fasilitasi penyambutan Kepala Dinas Dukcapil M. Fadhly. S, AP, MM memaparkan pelaksanaan tugas fungsi serta pengembangan inovasi pelayanan. Salah satu inovasi menjadi pembahasan utama layanan Nagari Go Digital (Nagita).

Layanan Nagita merupakan layanan online berbasis web dan berbasis android dengan didukung oleh Back Office Team (BOT) yang bekerja dari rumah (work from home/wfh). Dengan dukungan BOT bekerja secara WFH, layanan Nagita bisa diakses 7/24 (tujuh hari seminggu 24 jam sehari). BOT WFH bekerja dengan fleksibilitas waktu dengan tetap diukur kinerja harian dan bulan. Untuk semua BOT baik WFH maupun BOT yang bekerja di kantor, serta seluruh swakelola diberikan insentif motivasi dalam bentuk reward untuk dua orang yang memiliki kinerja tinggi. Penetapan penerima reward maupun pemberian punishment ditetapkan melalui rapat Komite Etika dengan indikator penilaian yang objektif

Dalam diskusi, Kadis dan Kabid Pencatatan Sipil Langkat mengajukan beberapa pertanyaan kritis terkait pengembangan inovasi dan pengelolaan manajemen sumber daya manusia. Kadis Dukcapil menanyakan terkait hubungan Dukcapil Padang Pariaman dengan Komisi I DPRD, sedangkan Kabid Capil terkait dengan peningkatan kapasitas SDM, reward dan punishment. Hubungan dan komunikasi dengan lembaga legislatif, Dukcapil Padang Pariaman mengundang DPRD ke Dukcapil untuk pemaparan pengembangan inovasi dan kebutuhan tahun berikutnya. Sedangkan peningkatan kapasitas SDM dilakukan secara berkelanjutan, serta reward dan punishment dilakukan melalui rapat rutin setiap bulan.

 

Bersama Dukcapil Ceria

Jalinan Silaturahmi untuk Kemajuan Negeri