Setahun Berjalan, Tercatat 30ribu Lebih Pengguna Layanan Online pada Sistem Dukcapil Padang Pariaman
Berita Terkait
- Ikuti Rapat Koordinasi Pemanfaatan Data Kependudukan Kab/Kota se Sumatera Barat, Disdukcapil bertekad meningkatkan kuantitas OPD yang memanfaatkan Data Kependudukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik 0
- Layanan Tatap Muka Ditutup Sementara, Begini Pelayanan Daring Disdukcapil Padang Pariaman0
- Pegawai Dukcapil Swab Massal, Layanan Tatap Muka Tutup Sementara0
- Tindaklanjut Penilaian Pelayanan Publik, Kemen PANRB `Pelayanan Dukcapil Ceria Harus Direplikasi`0
- Peringati HUT RI ke-75, Disdukcapil Borong Tiga Penghargaan Bupati Padang Pariaman0
- Persiapan Penilaian Pelayanan Publik, Ini Aspek yang Harus Dipenuhi Disdukcapil0
- Penilaian Indeks Inovasi Daerah, Dukcapil Ikutkan 8 Inovasi Baru0
- `Pulang Abih` Tetapi Tidak Mampu Mengurus Surat Pindah? Begini Caranya!0
- Kadisdukcapil Himbau Nagari Untuk Mulai Benahi Aspek-aspek Pelayanan Publik0
- Kadis PPKBKPS Provinsi Sumbar Kunjungi Disdukcapil Kabupaten Pasaman Bersama Forum Dukcapil0
Berita Populer
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Dikunjungi Kadisdukcapil se Provinsi Bengkulu, Dukcapil Padang Pariaman Beberkan Proses Perubahan
- Layanan Tunggu Dirumah Saja (TdS) Dukcapil Padang Pariaman Rekam Nenek Berusia 120 Tahun
- Muhammad Fadhly : Layanan Tunggu Dirumah Saja Untuk Menjamin Penduduk Mendapatkan Hak Yang Sama Terhadap Pelayanan Adminduk
- Disdukcapil Bahas Peningkatan Pelayanan Publik di Nagari Bersama OPD Terkait
- Narasumber pada Musrenbang Kota Pematang Siantar, Fadhly : Inovasi Akan Sukses Jika Dikelola Dengan Serius
- Dukcapil Ceria Padang Pariaman Terima Penghargaan Tingkat Nasional, DUKCAPIL BISA
- Kunjungi Dukcapil Ceria, Pemkab Langkat Benchmarking Pelayanan Yang Membahagiakan Masyarakat
- Nagari Kudu Gantiang Barat, Layanan Masyarakat dengan Tim Yang Kuat
- Kadisdukcapil Uraikan Manajemen SDM Pelayanan Pada Bimtek Dukcapil Provinsi Riau
Keterangan Gambar : Kepala Dinas Dukcapil Padang Pariaman memberikan pelatihan penggunaan aplikasi Dukcapil Ceria Mobile kepada petugas
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadhly mengevaluasi setahun pelayanan online yang menggunakan aplikasi berbasis android Dukcapil Ceria Mobile dan aplikasi berbasis desktop pada link http://siak.dukcapil.padangpariamankab.go.id:81/androids. Pasca diluncurkannya aplikasi ini pada bulan September 2019 lalu, jauh sebelum munculnya pandemic Covid-19, aplikasi ini terus digunakan oleh masyarakat. Pengguna internet yang ada di kabupaten Padang Pariaman yang didominasi oleh kalangan muda memberikan kontribusi meningkatnya pengguna layanan yang mencapai lebih dari 30.000 (tiga puluh ribu) pengguna setelah setahun diluncurkan dengan lebih dari 54.000 (limapuluh empat ribu) permohonan layanan.
Muhammad Fadhly menjelaskan bahwa proses drastisnya peningkatan pengguna layanan tidak terlepas dari dukungan semua stakeholders dengan segala tantangan yang dihadapi. Selaku leading sector pembangunan layanan ini, Dinas Dukcapil Padang Pariaman merangkul berbagai pihak untuk menjalankan program inovasi ini agar berjalan dengan baik. Mulai dari penyedia jaringan Dinas Komunikasi dan Informatika, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Nagari. “Semua stakeholders memberikan kontribusi yang cukup signifikan. Inovasi ini berjalan karena kita semua. Pelaksana pelayanan yang paling memberikan dampak kemudahan bagi masyarakat adalah pemerintahan nagari. Oleh sebab itu, menjadikan nagari sebagai pusat pelayanan publik yang dekat dengan masyarakat adalah hal penting dalam program ini”, jelas Muhammad Fadhly.
Pasca diluncurkannya inovasi ini, Disdukcapil menyusun langkah-langkah pelaksanaan inovasi mulai dari penyiapan sarana prasarana pelayanan serta penyiapan sumber daya manusia yang akan menjalankan inovasi. Sebanyak 103 nagari mengikuti pelatihan pengenalan aplikasi, pelatihan penggunaan aplikasi dan penyediaan media konsultasi bagi nagari yang mengalami kendala dalam menjalankan aplikasi. Sosialisasi layanan online Dukcapil Ceria Mobile dilakukan pada berbagai media mulai dari media dalam bentuk kertas sampai kepada media online. Sistem informasi pelayanan publik melalui website resmi Dinas Dukcapil Padang Pariaman juga menyajikan e-service dan informasi-informasi pelayanan online yang dilengkapi dengan standar pelayanan dan pengenalan serta instalasi aplikasi. Semua upaya-upaya tersebut dilakukan untuk mendukung terlaksananya pelayanan online yang lebih mudah, cepat dan dekat dengan masyarakat.
Muhammad Fadhly menjelaskan beratnya tantangan merubah pelayanan dengan cara lama yang konvensional menjadi cara baru yang serba digital. “Tantang itu pasti ada, dan kita harus mencarikan solusi terhadap tantangan tersebut. Bukan menghentikan inovasi yang telah dirintis. Kami memaklumi bahwa menciptakan cara-cara baru itu butuh waktu untuk pengenalan kepada pengguna layanan, jadi wajar akan nada yang langsung menerima, dan ada yang mengalami penolakan terlebih dahulu”, jelas Muhammad Fadhly.
Dengan pencapaian 30.000 lebih pengguna layanan online dan 54.000 lebih permohonan yang dilayani, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terus mengevaluasi pelaksanaan layanan online ini dan melakukan perbaikan-perbaikan terhadap kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaanya.