Kadis PPKBKPS Provinsi Sumbar Kunjungi Disdukcapil Kabupaten Pasaman Bersama Forum Dukcapil

By DUKCAPIL CERIA 21 Jul 2020, 15:12:00 WIB forum dukcapil sumbar

Berita Terkait

Berita Populer

Kadis PPKBKPS Provinsi Sumbar Kunjungi Disdukcapil Kabupaten Pasaman Bersama Forum Dukcapil

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Barat, Irwan, S.Sos. MM. bersama Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat kunjungi Disdukcapil Pasaman dalam program Dinas bersama Forum Komunikasi Dukcapil se-Sumatera Barat. Kunjungan ini merupakan bagian dari agenda Disdukcapil se-Sumatera Barat bersama Dinas PPKBKPS Provinsi Sumatera Barat dalam rangka evaluasi pelayanan dan saling belajar antar dinas Dukcapil Kabupaten/Kota.

Dalam keterangannya, Irwan,S.Sos.MM. menjelaskan, “Ini adalah kunjungan pertama saya ke Dinas Dukcapil Kabupaten Pasaman untuk urusan Adminduk dan setelah menjabat di OPD ini. Kunjungan ini sengaja mengikutkan Kadisdukcapil Kabupaten Kota yang lain karena Dukcapil memiliki Forum Komunikasi yang saling mendukung satu sama lain untuk kemajuan kualitas pelayanan secara bersama-sam. Disamping itu, acara ini juga dimanfaatkan sebagai ajang studi tiru antar kabupaten kota untuk saling mengembangkan inovasi pelayanan”, terang Irwan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman, Drs. Sukardi, MM. menyambut baik dikunjunginya Pasaman oleh Kepala Dinas PPKBKPS Provinsi Sumbar beserta rombongan. Walaupun dilaksanakan secara mendadak, ini salah satu bentuk kesiapan Dukcapil Kabupaten Kota dalam memberikan pelayanan. “Kami sangat senang karena Kabupaten Pasaman dijadikan daerah kunjungan oleh Pak Kadis dan rombongan, mudah-mudahan kunjungan ini dapat memberikan motivasi bagi kami dengan adanya masukan-masukan mengenai pelayanan public adminduk yang telah kami lakukan,” jelas Sukardi.

Rombongan Kadisdukcapil Provinsi yang berjumlah 45 orang ini mengunjungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman pada Selasa 21 Juli 2020 dan langsung mempelajari pelayanan pada front-office Disdukcapil Pasaman. Aspek-aspek pelayanan public sebagaimana dijelaskan Kadis PPKBKPS Sumbar, menjadi objek yang dikunjungi oleh rombongan. Irwan, S.Sos MM menyambangi alat survey kepuasan masyarakat yang ada dibagian tengah ruangan pelayanan. Bersama Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman dan Ketua Forum Dukcapil Sumbar, Muhammad Fadhly, Kadis PPKBKPS mempraktekkan cara pemberian survey kepuasan masyarakat yang telah disediakan di kotak-kotak berwarna. “Alat-alat ini harus terus ditingkatkan kinerjanya dengan cara menindaklanjuti hasil survey ke rencana tindaklanjut atas keluhan-keluhan masyarakat tentang pelayanan. Dan ini bisa dituangkan dalam bentu janji perbaikan”, jelas Irwan S.Sos. MM.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan temu ramah yang membahas permasalahan inovasi-inovasi dan data pemilih pemilu bersama Forum Dukcapil Sumatera Barat yang anggotanya terdiri dari Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kota se-Sumatera Barat. Dalam sambutannya, Ketua Forum Dukcapil Sumbar Muhammad Fadhly menjelaskan agenda forum selama tahun 2020 dan membuka diskusi tentang inovasi-inovasi yang telah dilakukan kabupaten kota agar memiliki dasar hukum yang kuat sehingga aspek keberlanjutannya terjamin.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment