Dukcapil Ceria - Dukcapil Pasaman Barat, Berbagi Inspirasi Pelayanan Masyarakat

By DUKCAPIL CERIA 17 Feb 2020, 10:39:51 WIB inovasi pelayanan
Dukcapil Ceria - Dukcapil Pasaman Barat, Berbagi Inspirasi Pelayanan Masyarakat

Padang Pariaman, 17 Februari 2020

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman untuk pertama kalinya, dan satu-satunya organisasi perangkat daerah Dukcapil yang menjadi role model Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima di wilayah I. Capaian tersebut berdasarkan Hasil Evaluasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB tahun 2019. Sebagai satu-satunya OPD berkategori pelayanan prima di wilayah I, Dukcapil Ceria menjadi referensi bagi instansi pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Selasa siang 17 Februari 2020, Dukcapil Ceria dikunjungi oleh Dukcapil Kabupaten Pasaman Barat. Dukcapil Kabupaten Pasaman Barat terdiri dari Kabid Pendaftaran Penduduk, Kabid PIAK dan Kasi Dinas Kominfo. Dukcapil Ceria memfasilitasi kunjungan Dukcapil Pasaman Barat di Prisma Room, dengan tim yang terdiri dari Kabid PDIP Andriyani, SE, MM, Kasi Inovasi Edi Warman, SKM, dan Kasi Pendataan Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP.

Kabid Inovasi memaWhatsApp Image 2020-02-18 at 11.15.19.jpegparkan pengembangan inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Dukcapil Ceria. Salah satu inovasi pelayanan publik yang menjadi pemaparan utama adalah layanan Nagari Go Digital. Melalui layanan Nagari Go Digital, Dukcapil Ceria mengembangkan dua aplikasi yaitu si Pakem dan Dukcapil Ceria Mobile (Baca: Nagari Go Digital, Program Disdukcapil Untuk Permudah Pelayanan di Era Millenial). Untuk meningkatkan kualitas pelayanan Nagari Go Digital, Dukcapil Ceria telah menetapkan 20 Nagari untuk Nagari Sadar Administrasi Kependudukan dan Nagair Role Model Pelayanan Publik (Baca: Dukcapil Ceria Fokus Pelayanan di Nagari, Dari Smart Nagari menuju Nagari Mandiri).

Sedangkan Dukcapil Pasaman Barat berbagi inspirasi terkait kerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat. PMI Pasaman Barat mendapatkan hibah dari APBD dalam bentuk dukungan anggaran untuk pengecekan golongan darah penduduk pada saat perekaman. Dengan pola ini kegiatan PMI sudah ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat sehingga mendukung pelayanan Dukcapil dalam melengkapi data golongan pada elemen data kependudukan dalam sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK). Kebijakan ini menjadi referensi bagi Dukcapil Ceria dalam pelaksanaan kolaborasi dengan PMI Kabupaten Padang Pariaman dalam inovasi pelayanan Dukcapil Menggoda (Dukcapil Mengupdate Golongan Darah).

Semangat Dukcapil Ceria…

Semangat berbagi inspirasi pengembangan inovasi untuk kemajuan Negeri…