Dukcapil Ceria - Dukcapil Pasaman Barat, Berbagi Inspirasi Pelayanan Masyarakat
Berita Terkait
- Dukcapil Ceria, Komitmen Terhadap Kualitas Lakukan Evaluasi Tiada henti0
- Bawaslu - Dukcapil Ceria, Komitmen Bersama Pengawasan Pilkada0
- Evaluasi Standar Pelayanan Dukcapil Ceria, Kualitas adalah Prioritas0
- Layanan Online Meningkat, Tandikek Barat Gerak Cepat Dapatkan Internet Untuk Pelayanan Masyarakat0
- Pemberian Reward, Cara Cerdas Peningkatan Kualitas0
- Dukcapil Ceria New Normal0
- AKSS Nagari Pertama Menerapkan Dukcapil Ceria New Normal0
- Daku Kepepet, Kolaborasi Inovasi Dukcapil Ceria - Pengadilan Agama0
- Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Kadisdukcapil Instruksikan Nagari Maksimalkan Layanan Nagita0
- Mudah dan Gratis, Begini Pelayanan Online Dukcapil Padang Pariaman0
Berita Populer
- Mudah dan Gratis, Begini Pelayanan Online Dukcapil Padang Pariaman
- Cukup Menunggu 15 Menit setelah Perekaman, KTP-el Anda dapat di Cetak
- Mulai Terima Kunjungan Dari Luar Daerah, Dinas Dukcapil Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Penerimaan Tamu
- `Pulang Abih` Tetapi Tidak Mampu Mengurus Surat Pindah? Begini Caranya!
- Mau Tau Status Cetak KTP-el Anda? Ayo Cek Disini
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Hubungi Kami di Layanan Pengaduan
- Memiliki Permasalahan Administrasi Kependudukan? Jangan Panik! Ada Layanan Pengaduan Disdukcapil
- Persiapan Penilaian Pelayanan Publik, Ini Aspek yang Harus Dipenuhi Disdukcapil
- Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman
Padang Pariaman, 17 Februari 2020
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman untuk pertama kalinya, dan satu-satunya organisasi perangkat daerah Dukcapil yang menjadi role model Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima di wilayah I. Capaian tersebut berdasarkan Hasil Evaluasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB tahun 2019. Sebagai satu-satunya OPD berkategori pelayanan prima di wilayah I, Dukcapil Ceria menjadi referensi bagi instansi pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Selasa siang 17 Februari 2020, Dukcapil Ceria dikunjungi oleh Dukcapil Kabupaten Pasaman Barat. Dukcapil Kabupaten Pasaman Barat terdiri dari Kabid Pendaftaran Penduduk, Kabid PIAK dan Kasi Dinas Kominfo. Dukcapil Ceria memfasilitasi kunjungan Dukcapil Pasaman Barat di Prisma Room, dengan tim yang terdiri dari Kabid PDIP Andriyani, SE, MM, Kasi Inovasi Edi Warman, SKM, dan Kasi Pendataan Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP.
Kabid Inovasi memaparkan pengembangan inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Dukcapil Ceria. Salah satu inovasi pelayanan publik yang menjadi pemaparan utama adalah layanan Nagari Go Digital. Melalui layanan Nagari Go Digital, Dukcapil Ceria mengembangkan dua aplikasi yaitu si Pakem dan Dukcapil Ceria Mobile (Baca: Nagari Go Digital, Program Disdukcapil Untuk Permudah Pelayanan di Era Millenial). Untuk meningkatkan kualitas pelayanan Nagari Go Digital, Dukcapil Ceria telah menetapkan 20 Nagari untuk Nagari Sadar Administrasi Kependudukan dan Nagair Role Model Pelayanan Publik (Baca: Dukcapil Ceria Fokus Pelayanan di Nagari, Dari Smart Nagari menuju Nagari Mandiri).
Sedangkan Dukcapil Pasaman Barat berbagi inspirasi terkait kerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat. PMI Pasaman Barat mendapatkan hibah dari APBD dalam bentuk dukungan anggaran untuk pengecekan golongan darah penduduk pada saat perekaman. Dengan pola ini kegiatan PMI sudah ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat sehingga mendukung pelayanan Dukcapil dalam melengkapi data golongan pada elemen data kependudukan dalam sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK). Kebijakan ini menjadi referensi bagi Dukcapil Ceria dalam pelaksanaan kolaborasi dengan PMI Kabupaten Padang Pariaman dalam inovasi pelayanan Dukcapil Menggoda (Dukcapil Mengupdate Golongan Darah).
Semangat Dukcapil Ceria…
Semangat berbagi inspirasi pengembangan inovasi untuk kemajuan Negeri…