Menuju Bukittinggi Hebat, Walikota Dorong Adopsi Inovasi
Apresiasi Walikota Dalam Replikasi Aplikasi Dukcapil Ceria

By DUKCAPIL CERIA 02 Agu 2022, 13:07:00 WIB inovasi pelayanan
Menuju Bukittinggi Hebat, Walikota Dorong Adopsi Inovasi

Keterangan Gambar : Foto Bersama Walikota Bukittinggi H. Erman Safar, SH setelah pembukaan Sosialisasi


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman kembali melakukan knowlegde sharing pengelolaan layanan administrasi kependudukan secara online. Tim Disdukcapil yang dipimpin langsung oleh Plt Kadis Muhammad Fadhly. S, AP, MM berkenan melakukan sharing informasi bersama aparatur kecamatan dan lurah se Kota Bukittinggi. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Disdukcapil Kota Bukittinggi yang bertempat di Aula Kantor Walikota.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Walikota Bukittinggi, H. Erman Safar, SH. Dalam sambutannya Erman menyatakan “Hampir semua sektor sudah digital. Yang belum digital adalah pengiriman barang sedangkan proses pengiriman barang sudah digital.

Lebih lanjut Erman menyampaikan “Saking cepatnya informasi diproses, telah merubah aspek pelayanan. Generasi 4.0 hidup 100% dengan digitalisasi. Mereka generasi yang menjadikan teknologi sebagai kehutuhan pokok. Semua aspek mereka berkaitan dengan digitalisasi, termasuk dalam pola komunikasi mereka dengan orang tua.”

Kemudian Erman menegaskan “Pada sektor pemerintahan, jika tidak menggunakan digitalisasi sama dengan melawan arus perkembangan zaman. Tertinggal dan keluar dari peradaban. Mari kita lihat perkembangan dari nomaden sampai dengan pemanfaatan teknologi seperti saat ini.

Hari ini kita mendapatkan bantuan dari Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman. Padang Pariaman yang sudah lebih dahulu menggunakan teknologi. Hari ini kita mengadopsi dan harus merubah mindset pelayanan. Jangan suruh datang ke kantor. Akses aplikasi dimana saja berada. Aplikasi ini melengkapi kebijakan Bukittinggi Hebat.”

Pada akhir sambutannya Erman menyampaikan akan melakukan pembaharuan semua perangkat pelayanan yang ada pada front office kantor Lurah se Kota Bukittinggi dalam mendukung pelayanan adminduk secara daring.

Fadhly dalam pemaparan materinya menyampaikan tentang proses pengembangan kebijakan layanan Nagari go digital (Nagita) melalui aplikasi Dukcapil Ceria Mobile. Diantaranya berbagai tantangan yang harus dilalui dalam kesuksesan penerapan layanan adminduk secara online di Padang Pariaman. Bagian penting dalam bahasannya menyampaikan tentang pentingnya perubahan mindset dalam pelayanan, terutama dikaitkan dengan perkembangan kemajuan teknologi dan informasi.

Lebih lanjut Fadhly menjelaskan bahwa SDM pelayanan merupakan lokomotif yang menentukan pergerakan inovasi pelayanan. Untuk itu mindset melayani harus dibangun sesuai dengan perkembangan kemajuan teknologi. Penerapan model-model baru yang efisien harus dilakukan.

Dalam agenda ini, Fadhly didampingi oleh Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP, Administratrator Database Disdukcapil Zulhari, ST, dan tiga staf yaitu Charly Romios, M. Taufik Kamil, dan Gino Maitulesi.

Sementara itu pada akhir acara Kepala Disdukcapil Kota Bukittinggi Emil Achir mengungkapkan kegembiraannya dengan dukungan penuh Walikota dengan cepat memberikan apresiasi dalam bentuk dukungan peremajaan perangkat pelayanan. Emil menjelaskan konsep ini sejalan dengan visi pimpinan Kota Bukittinggi H. Erman Safar, SH dan Marfendi menuju Bukittinggi Smart City dengan tagline Bukittinggi HEBAT.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pelaksanaan replikas inovasi Nagita melalui aplikasi Dukcapil Ceria Mobile yang dilakukan pada 15 Juli 2022. Dalam agenda ini telah dilakukan instalasi aplikasi, koneksi jaringan melalui Diskominfo, dan uji coba penerapan pada level manajemen Disdukcapil Kota Bukittinggi.