Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman

By DUKCAPIL CERIA 09 Des 2019, 14:48:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman

Padang Pariaman, 9 Desember 2019

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui kebijakan Nagari go digital terus berupaya meningkatkan cakupan layanan Nagari go digital ke seluruh Nagari di Kabupaten Padang Pariaman. Pada tahap awal telah ditetapkan 24 Nagari go digital (Baca: Nagari Pilot Project, Penerbitan Dokumen Kependudukan Langsung di Nagari) maupun pilot project tahap kedua (Baca: Lagi, Dukcapil Ceria Tambah 14 Nagari Pilot Project Berikutnya).

Senin, 9 Desember 2019 Dukcapil Ceria melakukan fasilitasi layanan cetak dokumen kependudukan untuk 26 Nagari. Kegiatan ini diselenggarakan di ruang prisma Dukcapil dilakukan melalui penyampaian kebijakan strategis Dukcapil Go Digital oleh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman M. Fadhly, S.AP, MM, kebijakan strategis Dukcapil dilakukan melalui terobosan layanan adminduk melalui pemanfaatan teknologi informasi untuk efektivitas pelayanan. Terobosan dalam bentuk inovasi Dukcapil Ceria Mobile (DC mobile) dan aplikasi si Pakem. (Baca: Perkuat Pelayanan di Nagari, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman Berikan Pembekalan Nagari Go-Digital)

Fasilitasi Cetak Dokumen Nagari 1.jpeg

Sedangkan materi Nagari go digital disampaikan oleh Kasi Pendataan Penduduk, Fauzi Al Azhar, S.AP, M.AP, menyangkut progres masing-masing Nagari dalam pelaksanaan layanan Nagari go digital, teknis aplikasi DC Mobile dan si Pakem. Untuk penjelasan teknis pelayanan cetak dokumen adminduk melalui layanan Nagari go digital disampaikan oleh Fityuliana Sarmila, Back Office Team (BOT) Dukcapil Ceria. Peserta fasilitasi diikuti oleh masing-masing Wali Nagari serta perangkat Nagari yang telah dilatih sebelumnya dalam mendukung layanan Nagari go digital (Baca: Nagari Go Digital, Program Disdukcapil Untuk Permudah Pelayanan di Era Millenial)

Kebijakan Nagari digital mendapat sambutan yang antusias dari Pemerintah Nagari. Seperti Wali Nagari Sungai Abang Alung Ichwan Bustami yang berjanji akan meningkatkan kapasitas bandwith internert serta menyediakan printer laser jet khusus untuk kegiatan layanan Nagari go digital di Kantor Nagari. Hal yang sama juga  dilakukan oleh Wali Nagari Gunuang Padang Alai Muslim, dengan dukungan internet yang memadai di Nagari, dia berjanji akan melakukan sosialisasi secara intensif kepada masyarakat.

Sambutan antuasias juga disampaikan oleh Wali Nagari III Koto Aur Malintang Timur dan Sekretaris Nagari III Koto Aur Malintang Utara, Leli Marlina. Nagari III Koto Aur Malintang Timur sebagai salah satu Nagari yang berada di wilayah perbatasan serta kondisi geografis perbukitan sangat membantu masyarakat dengan adanya layanan Nagari go digital. Begitu juga dengan Nagari III Koto Aur Malintang Utara yang secara geografis lebih dekat kepada Ibukota Kabupaten Agam, dengan adanya layanan Nagari go digital akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan adminduk tanpa harus datang ke Kantor Dukcapil Ceria di Pariaman.

Fasilitasi Cetak Dokumen Nagari 2.jpeg

Berikut data 26 Nagari layanan cetak dokumen adminduk yaitu:

1. Balah Aie;
2. Balah Aie Timur;
3. Balah Hilia Lubuk Alung;
4. Gunuang Padang Alai;
5. Kampuang Galapuang Ulakan;
6. Kapalo Hilalang;
7. Kayu Tanam;
8. Kurai Taji;
9. Lareh Nan Panjang Barat;
10. Lareh Nan Panjang Selatan;
11. Lubuk Pandan;
12. Malai III Koto;
13. Sungai Asam;
14. Sungai Abang Lubuk Alung;
15. Sungai Buluah Selatan;
16. Sungai Sariak;
17. Sungai Sirah Kuranji Hulu;
18. Tapakis;
19. Tandikek;
20. Tandikek Utara;
21. Toboh Gadang Timur;
22. III Koto Amal;
23. III Koto Amal Utara;
24. III Koto Amal Selatan;
25. III Koto Amal Timur;
26. Balai Baiak Malai III Koto.

Dengan telah ditetapkan 26 Nagari tersebut maka sudah 50 Nagari di Kabupaten Padang Pariaman sudah bisa layanan cetak dokumen KK, akte kelahiran dan akte kematian di Nagari. Layanan Nagari go digital memanjakan masyarakat melalui layanan adminduk dalam genggaman.