Refleksi 2018, Kadisdukcapil Tekankan Perbaikan Attitude
Berita Terkait
- Validasi KTP-el, Dinas Dukcapil Mulai Gunakan Card-Reader Dalam Pelayanan0
- Dukcapil Jemput Bola Rekam KTP-el Warga Binaan Lapas0
- Go Digital, Dokumen Kependudukan di Padang Pariaman Menggunakan Tanda Tangan Elektronik0
- Masalah Keakuratan Data Ini Sering Dihadapi Siswa Kabupaten Padang Pariaman0
- Pelayanan Pedang Saber Versi 2 Beraksi Di Kecamatan Lubuk Alung0
- Kadisdukcapil Presentasikan Inovasi Pencatatan Sipil dan Satistik Hayati di Puslitbang Kemenkes RI0
- Adakan Bimtek Bagi Petugas Operator Kependudukan Nagari, Bupati : Dinas Dukcapil Harus Menjadi Pelop0
- Memiliki Permasalahan Administrasi Kependudukan? Jangan Panik! Ada Layanan Pengaduan Disdukcapil0
- Launching ASM, SMPN 1 Sintoga terapkan Absensi Elektronik menggunakan KIA0
- Dikunjungi Puslitbang Kemenkes RI, Padang Pariaman Jadi Pilot Project Nasional0
Berita Populer
- Mudah dan Gratis, Begini Pelayanan Online Dukcapil Padang Pariaman
- Cukup Menunggu 15 Menit setelah Perekaman, KTP-el Anda dapat di Cetak
- Mulai Terima Kunjungan Dari Luar Daerah, Dinas Dukcapil Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Penerimaan Tamu
- `Pulang Abih` Tetapi Tidak Mampu Mengurus Surat Pindah? Begini Caranya!
- Mau Tau Status Cetak KTP-el Anda? Ayo Cek Disini
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Hubungi Kami di Layanan Pengaduan
- Memiliki Permasalahan Administrasi Kependudukan? Jangan Panik! Ada Layanan Pengaduan Disdukcapil
- Persiapan Penilaian Pelayanan Publik, Ini Aspek yang Harus Dipenuhi Disdukcapil
- Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman
Padang Pariaman, 31 Januari 2018
Mengakhiri tahun 2018, bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menjadi ajang untuk mengevaluasi dan mengungkapkan syukur atas apa yang telah dicapai selama tahun anggaran 2018. Bertempat diruang Prisma Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman, Kepala Dinas Dukcapil Muhammad Fadhly memberikan arahan dan brainstorming kepada semua pegawai sebagai kegiatan untuk mengakhiri tahun anggaran 2018.
Pada kesempatan tersebut, Muhammad Fadhly memberikan apresiasi terhadap apa-apa yang telah dicapai. Berbagai kemajuan pelayanan dan membuahkan prestasi telah dapat dinikmati oleh masyarakat. Sebut saja nilai Indeks Kepuasan Masyarakat yang berada pada kategori baik, Zona Hijau dari Ombudsman RI, penghargaan unit pelayanan public dengan kategori A- dari Kementerian PAN & RB serta penghargaan dari pemerintah provinsi Sumatera Barat pada beberapa tahun terakhir.
“Semua yang kita peroleh adalah hasil dari usaha kita bersama, secara kolektif”, terang Muhammad Fadhly, yang menghimbau semua stafnya untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah dicapai selama ini. Sebagaimana diketahui, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman telah memenuhi standar pelayanan terutama aspek-aspek pelayanan publik yang diatur dalam undang-undang pelayanan publik. Pada aspek ke-6, yaitu inovasi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menjadi OPD yang banyak meluncurkan inovasi dalam mencapai target kinerja dan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.
Pada kesempatan tersebut, Kadisdukcapil Muhammad Fadhly menekankan hal-hal penting, terutama dalam pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat. “Perubahan attitude adalah faktor yang paling penting untuk intsansi pelayanan”, jelas Fadhly. Penekanan tentang attitude/sikap ini memang menjadi hal utama di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman karena pelayanan yang berhubungan langsung dengan masyarakat. “80 persen dari kesuskesan kita ditentukan oleh attitude, sedangkan IQ hanya berperan 20 persen dalam menentukan kesuskesan kita. Oleh sebab itu, perubahan sikap menjadi lebih baik adalah factor penting untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas yang telah kita capai”, jelas Fadhly.
Beberapa attitude/sikap yang sangat perlu menjadi perhatian adalah berfikir positif, saling menghargai, rela membantu dengan ikhlas, selalu tersenyum kepada masyarakat, selalu memberi solusi, menjaga kebersihan dengan memungut sampah, merespon pelayanan bagi anak-anak, lansia, ibu menyusui dan disabilitas dengan cepat, dan selalu bersemangat.
“Teruslah belajar berfikir positif, dengan sendirinya kita telah melatih diri kita untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya”, jelas Fadhly menutup acara yang dilaksanakan pada 31 Desember 2018, sebagai refleksi akhir tahun.
(red)