Mudah dan Gratis, Begini Pelayanan Online Dukcapil Padang Pariaman

By DUKCAPIL CERIA 27 Mei 2020, 11:22:37 WIB inovasi pelayanan
Mudah dan Gratis, Begini Pelayanan Online Dukcapil Padang Pariaman

Padang Pariaman, 15 Mei 2020

Wajah pelayanan publik selama ini dalam pandangan masyarakat adalah suram. Pelayanan Publik identik dengan kata-kata ribet dan mahal. Ribet karena tidak ada kejelasan standar operasional dan prosedur (SOP) pelayanan serta tidak konsistennya SOP dalam praktik pelayanan. Untuk urusan pelayanan cepat selesai maka harus bayar melalui calo sehingga muncul urusan uang untuk pelicin. Dengan kondisi tersebut masyarakat malas untuk mengurus dokumen kependudukan ke Dinas Dukcapil, berurusan hanya dilakukan kalau sudah dipaksa oleh keadaan. Misalnya mengurus dokumen kependudukan terkait untuk urusan BPJS, urusan paspor, atau beli kendaraan. Akibat dari pelayanan publik yang jelek kesadaran masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan sangat rendah sehingga akan membawa dampak terhadap tidak akuratnya data kependudukan.

Kondisi tersebut tidak berlaku di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman. Dengan layanan administrasi kependudukan secara online, masyarakat dapat menikmati pelayanan secara mudah dan gratis. Pelayanan  mudah dan gratis melalui layanan Nagari Go Digital Adminduk (Nagita) dalam aplikasi android Dukcapil Ceria Mobile atau aplikasi berbasis web dengan url : http://siak.padangpariamankab.go.id:81/androids/. Dengan aplikasi masyarakat Kabupaten Padang Pariaman mendapatkan kemudahan dan tidak mengeluarkan biaya mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan.

Caranya adalah:

Pertama, daftarkan data nomor KK dan NIK dalam aplikasi. Isi biodata dengan lengkapi disertai dengan akun email dan nomor kontak handphone yang aktif. Kode notifikasi akan dikirim melalui akun email untuk mengaktikan akun aplikasi.

Kedua, cek data keluarga dalam menu akunku.

Ketiga, pelajari semua menu dalam aplikasi.

Keempat, lengkapi dokumen persyaratan untuk pengajuan pelayanan.

Kelima, ajukan pelayanan dimana saja, tanpa harus datang ke Kantor Dukcapil.

Keenam, lakukan dimana saja, tanpa harus terikat dengan jadwal pelayanan Dukcapil. Hari libur dan malam hari pun bisa.

Ketujuh, Terima dokumennya dalam genggaman... file PDF dikirim ke akun aplikasi masing-masing. Khusus untuk KTP-el dan KIA dikirim ke Kantor Wali Nagari sesuai alamat domisili.

Aplikasi Dukcapil Ceria Mobile juga dilengkapi dengan menu layanan pengaduan tamasya. Menu Tamasya (tampek mangadu masyarakat) merupakan fitur untuk menyampaikan keluhan terhadap pelayanan administrasi kependudukan. Dengan menu ini masyarakat mendapatkan informasi dan advokasi terkait pelayanan adminduk.

Layanan online juga didukung video panduan yang bisa diakses melalui chanel youtube Disdukcapil Padang Pariaman. Layanan komunikasi melalui email dukcapilceria@gmial.com dan nomor kontak layanan pengaduan 0751 93399.

Untuk mendukung pelayanan online, Dukcapil Ceria telah menerapkan kebijakan work from home (WFH) kepada Back Office Team (BOT) layanan online Nagari Go Digital Adminduk (Nagita). Dengan kebijakan WFH, Dukcapil Ceria dapat memproses setiap pengajuan layanan adminduk secara berjadwal tanpa terikat dengan ruang dan waktu pelayanan di Kantor Dukcapil. Pengajuan pada hari libur maupun malam hari akan diproses secara berjadwal. Kebijakan ini bisa dilaksanakan karena proses dokumen adminduk sudah menggunakan tanda tangan elektronik.

Semangat Dukcapil Ceria

Inspirasi Inovasi Untuk Kemajuan Negeri




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment