Raih Zona Hijau, Disdukcapil Padang Pariaman Terus Tingkatkan Kualitas Pelayanan
Berita Terkait
- Tuntaskan Kepemilikan Akte Kelahiran di Nagari, Ahmadi Zahari Kunjungi Sekolah-sekolah0
- Kunjungi Stand Dukcapil, Bupati : Masyarakat Bisa Dapatkan KTP-el di Porprov XV Expo0
- Layanan Langsung Jadi Ditempat Akan Beroperasi Di Nagari Kuranji Hulu0
- Raih Kategori Sangat Baik Dalam Pelayanan Publik, Kadisdukcapil : Penghargaan ini Hasil dari Tim Ker0
- Penyandang Disabilitas? Begini Disdukcapil Padang Pariaman Melayaninya Melalui Layanan Pengaduan0
- Di Maluku Utara, Kadisdukcapil Presentasikan Pembentukan Karakter Front Officer0
- Maksimalkan Manfaat Gerai Dukcapil Sungai Limau, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabu0
- KTP-el Dicetak Dilapangan, Pelayanan Pedang Saber Disdukcapil Disambut Antusias Warga Perbatasan0
- Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Disdukcapil Latih Programmer0
- Innovative, Minggu ini Disdukcapil Dikunjungi Tiga Instansi dari Luar daerah0
Berita Populer
- Mudah dan Gratis, Begini Pelayanan Online Dukcapil Padang Pariaman
- Mulai Terima Kunjungan Dari Luar Daerah, Dinas Dukcapil Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Penerimaan Tamu
- `Pulang Abih` Tetapi Tidak Mampu Mengurus Surat Pindah? Begini Caranya!
- Mau Tau Status Cetak KTP-el Anda? Ayo Cek Disini
- Cukup Menunggu 15 Menit setelah Perekaman, KTP-el Anda dapat di Cetak
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Memiliki Permasalahan Administrasi Kependudukan? Jangan Panik! Ada Layanan Pengaduan Disdukcapil
- Persiapan Penilaian Pelayanan Publik, Ini Aspek yang Harus Dipenuhi Disdukcapil
- Hubungi Kami di Layanan Pengaduan
- Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman terus meningkatkan komitmen untuk melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Komitmen yang kuat dibuktikan dengan peningkatan nilai tingkat kepatuhan terhadap standar pelayanan publik sesuai Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman memperoleh nilai 95 atas 5 produk pelayanan publik dengan tingkat kepatuhan tinggi di zona hijau.
Pada Tanggal 22 Desember 2017 diadakan penyerahan predikat penilaian dengan narasumber PLT. Kepala Perwakilan Ombudsman Sumbar, Adel Wahidi. Pengambilan data survey ini dilakukan pada Mei dan Juli 2017. Indikator dari penilaian ini diantaranya kejelasan biaya pelayanan, penyajian sistim informasi layanan publik seperti penyajian informasi secara inovatif dalam bentuk katalog dan lain-lain. Selain itu, tersedianya sarana dan prasarana seperti toilet, loket, front office, pelayanan khusus bagi penyandang disabilitas seperti kursi roda, toilet, ruang ibu menyusui dan lain-lain. Pengelolaan aduan dengan baik dan dengan prosedur yang jelas dan tersedianya petugas pengaduan juga menjadi indokator yang harus dipenuhi.
Berbagai Instansi Pemerintah di Kabupaten Padang Pariaman mendapatkan Penilaian dari lembaga Ombudsman RI. Ombudsman merupakan lembaga Negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik. Pada saat melakukan survey, Ombudsman RI menggunakan metode tangible (nyata)dimana surveiyor datang tanpa memberitahu ke dinas terkait. Sedangkan untuk skala ordinal/ bobot dari survey ini berdasarkan tingkat kepentingannya ,jika semakin urgen maka semakin besar nilainya. Hasil penilaian ini di akumulasikan dari beberapa kali kedatangan penilai dalam satu tahun . Nilai diberikan antara 0-100. Jika nilai yang di dapat berkisar 0-50 maka berada di zona merah, sedangkan 51-80 berada di zona kuning, dan 81-100 berada di zona hijau.
Dari hasil penilaian tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman memperoleh nilai 95 pada setiap item pelayanan dan berada pada zona hijau. Kelengkapan fasilitas Dinas Dukcapil pada saat ini sangat menentukan tingkat penilaian dan kualitas pelayanan yang dilaksanakan. Kepala Dinas Dukcapil Padang Pariaman Muhammad Fadhly menjelaskan bahwa dinas akan terus berbenah walaupun dengan kondisi perkantoran yang masih menggunakan gedung lama.
“Yang penting kelengkapannya, kebersihannya dan dapat mendukung pelayanan secara menyeluruh sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat”, ujar Fadhly menjelaskan. Saat ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman terus membenahi sarana untuk mendukung kenyamanan masyarakat dalam pelayanan. “Nilai tahun ini akan menjadi bahan bagi kami untuk evaluasi. Mudah2an akan ada peningkatan nilai pada tahun mendatang”, jelas Fadhly menutup pembicaraan.