Di Maluku Utara, Kadisdukcapil Presentasikan Pembentukan Karakter Front Officer
Berita Terkait
- Maksimalkan Manfaat Gerai Dukcapil Sungai Limau, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabu0
- KTP-el Dicetak Dilapangan, Pelayanan Pedang Saber Disdukcapil Disambut Antusias Warga Perbatasan0
- Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Disdukcapil Latih Programmer0
- Innovative, Minggu ini Disdukcapil Dikunjungi Tiga Instansi dari Luar daerah0
- Pasutri Penting Miliki Akta Perkawinan0
- Sukses Ujicoba, Pelayanan \"Pedang Saber Versi 2\" Langsung Jadi Ditempat Akan Digelar Di Wilayah Te0
- KTP El ditemukan di Padang Pariaman, Kadisdukcapil : “Kelalaian kami dalam pengelolaan gudangâ€0
- Berada di Level 4, Maturitas SPIP Disdukcapil Terkelola dan Terukur0
- Disdukcapil Padang Pariaman Musnahkan KTP-el Rusak atau Invalid0
- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman ikut serta dalam Layang Padu0
Berita Populer
- Mudah dan Gratis, Begini Pelayanan Online Dukcapil Padang Pariaman
- Mulai Terima Kunjungan Dari Luar Daerah, Dinas Dukcapil Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Penerimaan Tamu
- `Pulang Abih` Tetapi Tidak Mampu Mengurus Surat Pindah? Begini Caranya!
- Mau Tau Status Cetak KTP-el Anda? Ayo Cek Disini
- Cukup Menunggu 15 Menit setelah Perekaman, KTP-el Anda dapat di Cetak
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Memiliki Permasalahan Administrasi Kependudukan? Jangan Panik! Ada Layanan Pengaduan Disdukcapil
- Persiapan Penilaian Pelayanan Publik, Ini Aspek yang Harus Dipenuhi Disdukcapil
- Hubungi Kami di Layanan Pengaduan
- Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman
Padang Pariaman, 20 November 2018.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman kembali menjadi narasumber pada sebuah bimbingan teknis bagi petugas pelayanan di front office yang diadakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Maluku Utara. Acara yang diadakan di Ternate ini dihadiri oleh front officer kabupaten/kota se-Provinsi Maluku Utara, pada 19 sampai dengan 21 November 2018.
“Peran front officer dalam pelayanan menjadi hal yang sangat menentukan bagi sebuah instansi pelayanan. Front officer yang bisa memahami tugas pokoknya dengan baik akan mampu memberi pelayanan dengan baik pula”, jelas Muhammad Fadhly.
Muhammad Fadhly berbagi pengalaman tentang cara membentuk karakter petugas pelayanan sehingga memahami tugas pokok dan fungsinya. Tidak hanya tentang tugas pokok dan fungsi, petugas pelayanan menurut Fadhly harus menggunakan “rasa” yang merupakan sebuah karakter dalam melayani.
Pembentukan karakter petugas pelayanan hingga mampu melayani tidak hanya dengan SOP tetapi juga rasa, perlu proses internalisasi nilai-nilai yang menjadi pegangan bagi semua petugas pelayanan. Dinas Dukcapil Padang Pariaman telah menerapkan proses internalisasi nilai-nilai yang disebut Ceria semenjak tahun 2012. Nilai-nilai ini kemudian diperkuat kembali dengan sebuah inovasi yang disebut Bu Papri (Buku Panduan Perilaku) yang disusun bersama sama dalam sebuah lokakarya internal yang melibatkan semua pegawai mulai dari cleaning service sampai ke Kelapa Dinas.
Buku Panduan Perilaku memuat tentang turunan dari motto Ceria yang didalamnya berisi aturan-aturan yang disepakati bersama-sama. Juga terdapat lembar komitmen untuk ditandatangani pemegangnya sebagai bukti komitmen untuk melaksanakan aturan-aturan dalam buku panduan perilaku. Didalamnya juga terdapat lembar catatan atasan sebagai control dari atasan masing-masing. Dengan buku ini diharapkan mampu memandu pelaksanaan tugas front officer dalam pelayanan.
Pada kesempatan tersebut, Kadisdukcapil mengajak semua petugas front office untuk belajar merubah perilaku pelayanan menjadi lebih professional dan menyusun panduan-panduan etika dalam pelayanan. Kadisdukcapil juga berkesempatan berkunjung ke Dinas Dukcapil Kota Ternate dan Tidore Kepulauan.