Innovative, Minggu ini Disdukcapil Dikunjungi Tiga Instansi dari Luar daerah

By DUKCAPIL CERIA 11 Des 2018, 14:47:20 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Innovative, Minggu ini Disdukcapil Dikunjungi Tiga Instansi dari Luar daerah

Padang Pariaman, 11 Desember 2018

Seiring dengan beberapa prestasi yang diperoleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman pada beberapa tahun terakhir ini, dinas ini banyak dikunjungi untuk "benchmarking". Seperti surat masuk yang diterima sekretariat dinas, hari ini 11 Desember 2018 dijadwalkan 2 instansi akan mengunjungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman. Ke-2 instansi itu adalah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kampar dan Dinas Dukcapil Kabupaten Bandung. Kunjungan akan diterima pada jam 11 siang ini.

PENGHARGAAN IGA beritaKepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman, Muhammad Fadhly  menjelaskan bahwa pada beberapa hari lalu juga menerima kunjungan dari pemerintah Kota Pekanbaru, khususnya kecamatan Bukit Raya yang didampingi oleh Kepala BKPSDM Kota Pekanbaru. Dari konfirmasi yang dilakukan oleh dinas Dukcapil Padang Pariaman, pada umumnya peserta studi tiru mengetahui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman dari Google.com dengan berita-berita prestasi yang terpublikasi beberapa tahun terakhir ini.

"Ya, hari ini kita dikunjungi oleh dia instansi dari luar daerah, lebih kurang 30 orang. Sejalan dengan meningkatnya kualitas pelayanan, banyak yang ingin mengetahui tentang proses untuk mencapai hal tersebut. Kebanyakan dari yang melakukan studi tiru ingin mengetahui bagaimana semangat dibalik perubahan yang kita lakukan, selain item-item yang berkaitan dengan standar pelayanan publik", jelas Fadhly. Ia juga menjelaskan bahwa pengunjung ingin mengadopsi cara-cara melakukan perbaikan terhadap pelayanan, mulai dari perbaikan kualitas SDM, sarana prasarana, standar pelayanan dan sistem informasi.

Sebagaimana dilansir berbagai media, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman telah beberapa kali meraih prestasi baik pada tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Dinas ini juga berkontribusi terhadap keberhasilan Kabupaten Padang Pariaman dalam meraih penghargaan Innovative Government Award 2018 pada posisi Kabupaten Inovatif Terbaik 2 Nasional setelah Banyuwangi dimana 19 inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menjadi bagian dari penilaian tersebut. Diantara inovasi itu adalah Alpa Beta, Padang Saber, Tamasya, Kadoku KTP-el, Satria dan lainnya.