Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Disdukcapil Latih Programmer

By DUKCAPIL CERIA 07 Nov 2018, 14:48:49 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Disdukcapil Latih Programmer

Padang Pariaman, 7 November 2018.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kembali memperkuat tim kerjanya dengan menginvestasikan sumber daya manusia guna peningkatan kualitas pelayanan. Investasi sumber daya manusia menurut Kepala Dinas Dukcapil Padang Pariaman, Muhammad Fadhly adalah hal yang saat ini fokus dilaksanakannya. Alasannya, OPD ini ingin lebih leluasa membangun aplikasi yang dibutuhkan tanpa tergantung dengan pihak lain atau pihak ketiga. Selain itu, hal ini menurutnya sangat bermanfaat bagi pemerintah daerah untuk jangka panjang.

Selama 5 (lima) harı, mulai tanggal 7 sampai dengan 11 Desember 2018, diadakan pelatihan CI (code igniter) yang dilaksanakan bergabung dengan programmer/calon programmer dari OPD lain. OPD yang mengikuti pelatihan ini adalah Disdukcapil, Dinas Penanaman Modal PTP, Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo dan RSUD Padang Pariaman. Semua OPD diatas berkomitmen uituk meningkatkan layanan berbasis aplikasi untuk memudahkan masyarakat yang telah menggunakan teknologi. Pelatihan ini dilaksanakan di komplek kantor Bupati Padang Pariaman di Parit Malintang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menargetkan 5 orang pegawai Disdukcapil bisa membangun aplikasi serta membenahi aplikasi lama yang belum berbasis "framework" yang baru dan kekinian. 

"Kita harus mengejar ketertinggalan, kalau tidak kita akan semakin jauh tertinggal dari kabupaten kota yang telah maju", jelas Fadhly. Oleh karenanya, Fadhly berharap pelatihan ini dapat diberikan kepada semua admin OPD yang memerlukan aplikasi dalam peningkatan pelayanannya.

Sebagaimana yang telah dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat, Dinas Dukcapil telah menyediakan aplikasi berbasis android Dukcapilceria yang dapat didownload di Google Playstore. Aplikasi ini akan terus ditingkatkan untuk menjamin semua pelayanan dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat.