Fasilitasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Nagari
Berita Terkait
- Bangun Transparansi, Disdukcapil Padang Pariaman Libatkan Pemangku Kepentingan Dalam Evaluasi Standar Pelayanan0
- Tindaklanjut Bimtek Bapenda, Samsat Kota Pariaman Kunjungi Dukcapil Ceria0
- Dukcapil Ceria Terima Kunjungan Tim Disdukcapil Batu Bara0
- Disdukcapil Padang Pariaman Mulai Terapkan SIAK Terpusat 0
- Jajaran Bapenda Serap Informasi Best Practice dari Dukcapil Ceria0
- Kolaborasi DPMD Dukcapil Ceria, Untuk Padang Pariaman Berjaya0
- Komite Etika, Untuk Integritas Dukcapil Ceria0
- Kepala Disdukcapil Berbagi Inspirasi Inovasi dalam Rakor Dukcapil Provinsi0
- Replikasi Inovasi Nagita, Bupati Solsel Kunjungi Dukcapil Ceria0
- Disdukcapil Padang Pariaman kembali Raih Penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima dari Menteri PAN dan RB0
Berita Populer
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Dikunjungi Kadisdukcapil se Provinsi Bengkulu, Dukcapil Padang Pariaman Beberkan Proses Perubahan
- Layanan Tunggu Dirumah Saja (TdS) Dukcapil Padang Pariaman Rekam Nenek Berusia 120 Tahun
- Muhammad Fadhly : Layanan Tunggu Dirumah Saja Untuk Menjamin Penduduk Mendapatkan Hak Yang Sama Terhadap Pelayanan Adminduk
- Disdukcapil Bahas Peningkatan Pelayanan Publik di Nagari Bersama OPD Terkait
- Narasumber pada Musrenbang Kota Pematang Siantar, Fadhly : Inovasi Akan Sukses Jika Dikelola Dengan Serius
- Dukcapil Ceria Padang Pariaman Terima Penghargaan Tingkat Nasional, DUKCAPIL BISA
- Kunjungi Dukcapil Ceria, Pemkab Langkat Benchmarking Pelayanan Yang Membahagiakan Masyarakat
- Nagari Kudu Gantiang Barat, Layanan Masyarakat dengan Tim Yang Kuat
- Kadisdukcapil Uraikan Manajemen SDM Pelayanan Pada Bimtek Dukcapil Provinsi Riau
Dinas Dukcapil Padang Pariaman melalui Kabid Dafduk Fauzi Al Azhar dan Staff Dukcapil Ricky Taratak Abkj Andrie melakukan fasilitasi pembinaan pelayanan administrasi di Lareh Nan Panjang Nagari dan Nagari Ambuang Kapua Sungai Sariak. Kegiatan dimulai dari diskusi evaluasi penerapan layanan administrasi kependudukan secara daring melalui kebijakan Nagari Go Digital (Nagita). Perangkat Nagari berkesempatan menyampaikan permasalahan administrasi kependududkan di Nagari. Di antaranya pendataan penduduk untuk status perkawinan belum tercatat.
Dalam diskusi juga dibahas tentang pengelolaan administrasi kependudukan dengan keluaran data kependudukan Nagari yang akurat. Pencapaian tujuan data kependudukan Nagari secara akurat dapat dilakukan melalui optimalisasi tupoksi perangkat Nagari dan kerjasama dengan pemangku kepentingan . Diantara pemangku kepentingan yang perlu ditingkatkan perannya diantaranya kader posyandu, kader pemberdayaan masyarakat, kelompok pemuda, majlis taklim, dll.
Peran pemangku kepentingan sangat diperlukan dalam menyukseskan Kebijakan kantor Nagari sebagai pusat pelayanan publik yang membahagiakan masyarakat. Termasuk dalam mendukung kelancaran pelaksanaan kebijakan Dukcapil Go Nagari. Kebijakan ini fokus kepada pelayanan KTP-el, pelayanan KIA, pelayanan pindah data pulang abih, dan fasilitasi penerapan aplikasi digital kependudukan.
Bahasan dilanjutkan dengan pengelolaan arsip adminduk dengan baik. Meliputi arsip manual dan arsip digital. Termasuk media penyimpanan arsip, serta kemudahan akses arsip bagi semua perangkat Nagari. Terakhir tim melakukan cek pengelolaan arsip Nagari