Disdukcapil Padang Pariaman Raih Penghargaan Pelayanan Kependudukan Terbaik 2019

By DUKCAPIL CERIA 17 Agu 2019, 13:51:11 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Disdukcapil Padang Pariaman Raih Penghargaan Pelayanan Kependudukan Terbaik 2019

Padang, 17 Agustus 2019

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman kembali kembali meraih penghargaan Gubernur Sumatera Barat dibidang pelayanan administrasi kependudukan. Kompetisi yang digelar pemerintah provinsi Sumatera Barat ini ditujukan bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kota di Sumatera Barat untuk mendorong peningkatan pelayanan public di kabupaten kota Sumatera Barat. Diikuti oleh 19 kabupaten/kota, 5 kabupaten/kota mendapat pernghargaan terbaik dan kategori tertentu.

Penilaian pelayanan administrasi kependudukan ini telah berlangsung sejak bulan Mei 2019, dimana tahun ini yang menjadi objek penilaian adalah aspek-aspek yang berhubungan dengan dukungan SDM pelayanan dan tata kelola kelola oleh sekretariat dinas dan inovasi-inovasi pemanfaatan data yang telah dicapai oleh kabupaten/kota. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima tim penilaian tahap pertama pada bulan Mei lalu, dimana Kepala Dinas Dukcapil Muhammad Fadhly melakukan ekspos didepan tim penilai tepatnya di Prisma Room. Tim penilai yang terdiri dari unsur akademisi dan pemerhati pelayanan public Sumatera Barat tersebut memberikan apresiasi atas upaya-upaya yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman dalam merubah wajah layanan publik di Padang Pariaman khususnya pelayanan administrasi kependudukan.

Pada penilaian tahap kedua, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman termasuk kedalam sepuluh besar yang selanjutnya melakukan ekspos didepan tim penilai provinsi di kantor Dinas PPKBKPS Sumatera Barat. Berbeda dengan tahun sebelumnya, ekspos tahap kedua dilakukan oleh Sekretaris Dinas Dukcapil Drs. Martoni. Sekretaris Dinas memang menjadi objek penilaian pada penilaian kali ini karena yang dinilai adalah peran serketaris dalam memfasilitasi pelayanan disemua bidang. Pada kesempatan tersebut, Drs Martoni melakukan presentasi tentang permberdayaan secretariat dinas dalam mensukseskan semua program bidang-bidang di Disdukcapil Padang Pariaman.

Atas penilaian tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman memperoleh nilai terbaik, yang diberikan penghargaan pada upacara penurunan bendera dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 74 di halaman kantor Gubernur Sumatera Barat. Penghargaan diterima oleh Kadisdukcapil Muhammad Fadhly didampingi Sekretaris Dinas Dukcapil Drs. Martoni, yang diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit.

“Atas semua pencapaian ini, saya mengucapkan terima kasih kepada semua tim kerja Disdukcapil Padang Pariaman yang telah bahu membahu membangun layanan publik yang lebih baik dari waktu ke waktu dan berkomitmen mempertahankannya.”, jelas Muhammad Fadhly. Sebagaimana diketahui, Dinas ini telah menerima penghargaan ke-5 kalinya pada penilaian pelayanan publik tingkat provinsi Sumatera Barat.