Berikan Briefing Dukcapil Ceria Go-Digital kepada Petugas Internal Dukcapil, Kadisdukcapil jelaskan

By DUKCAPIL CERIA 17 Okt 2019, 13:42:01 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Berikan Briefing Dukcapil Ceria Go-Digital kepada Petugas Internal Dukcapil, Kadisdukcapil jelaskan

Padang Pariaman, 17 Oktober 2019

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terus berusaha untuk mensukseskan Implementasi Nagari Go-Digital di Kabupaten Padang Pariaman, berbagai usaha terus dilakukan, diantaranya mensosialisasikan kepada para perangkat nagari, bidan-bidan desa, puskesmas, serta melalui promosi media sosial agar informasi Aplikasi Dukcapil Ceria Digital dapat terjangkau kepada masyarakat Padang Pariaman.

Kadisdukcapil menjelaskan bahwa kedepannya akan dilakukan pengayaan aplikasi dengan pembuatan QR Code (Barcode), yang memungkinkan masyarakat untuk mencetak dokumen yang mereka urus langsung di nagari, sehingga nantinya kantor dukcapil tinggal mendropped blangko yang dibutuhkan.

okaaaa.jpeg

“Kedepannya kita akan menciptakan QR Code yang akan dikirim ke gadget penduduk, jadi masyarakat dapat memprint di nagari. Hal ini dapat terlaksana jika kantor wali nagari berani berinvestasi mesin cetak kartu keluarga, akte-akte, dan pencatatan sipil lainnya, kita tinggal dropped blangko, pertanggung jawabannya dari QR Code yang diberikan.  Kalau sekarang masyarakat mengapply dari aplikasi, kita mencetak disini kemudian dikirim lewat via POS. Kalau nanti kita bisa kirim QR Code dokumen di handphone masyarakat sendiri, kemudian dicetak di kantor-kantor nagari, ke depannya bisa seperti itu, namun untuk sekarang kita jalankan setengahnya dulu.” jelas Fadhly.

Jika nanti aplikasi ini sukses dijalankan oleh semua penduduk di Kabupaten Padang Pariaman, efeknya kunjungan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman akan menurun, tetapi back office bekerja lebih terukur, karena command yang masuk jelas, kemudian diproses jelas, serta yang mengelola pun jelas.

Kadisdukcapil Padang Pariaman juga menjelaskan bahwa nantinya jam kerja di Dukcapil Ceria akan dibuat bershift, selain pukul 07.30-16.00 wib akan ada jam kerja shift 2 (dua) yaitu pukul 16.00-20.00 wib, karena harus ada yang stand by mengurus data yang diproses masyarakat hingga malam hari.

Kadisdukcapil Padang Pariaman di akhir briefingnya juga menyampaikan bahwa untuk menggunakan aplikasi ini masyarakat diharapkan menggunakan kamera yang jelas (tidak buram) saat memfoto dokumen persyaratan agar data dapat terbaca oleh operator.