Terima Kunjungan Disdukcapil Kota Tangerang Selatan, Muhammad Fadhly Jelaskan Pentingnya Leadership

By DUKCAPIL CERIA 18 Sep 2019, 13:49:15 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Terima Kunjungan Disdukcapil Kota Tangerang Selatan, Muhammad Fadhly Jelaskan Pentingnya Leadership

Padang Pariaman, 18 September 2019

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman dikunjungi dalam rangka studi tiru oleh jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan, Rabu 18 September 2019. Terdiri dari 1 (satu) orang Sekretaris Dinas, 3 (tiga) orang Kepala Bidang dan 4 (empat) orang Kepala Seksi, studi tiru dimaksudkan untuk melakukan komparasi terhadap apa yang telah dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman dalam pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadhly menjelaskan berbagai inovasi yang telah dilaksanakan di Kabupaten Padang Pariaman. Sebanyak 21 inovasi dipresentasikan pada kesempatan ini.

Sekretaris Dinas Dukcapil Kota Tangerang Selatan selaku pimpinan rombongan Dra. Hj. Oom Komalasari, M.Si., menyampaikan maksud kedatangan rombongan adalah dalam rangka mempelajari pengelolaan sumber daya, mulai dari sumber daya keuangan, sumber daya manusia dan manajemen sumber daya tersebut dalam mendukung pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan. Perbedaan jumlah penduduk dan kontur wilayah perkotaan Tangerang Selatan, bisa jadi terdapat perbedaan dalam inovasi pelayanan, tetapi bisa sama dalam model pengelolaan sumber daya untuk mendukung inovasi tersebut.

Muhammad Fadhly menyampaikan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman telah mengalami proses panjang dalam merubah wajah pelayanan publik dengan cara melakukan perubahan pada manajemen sumber daya manusia. Perubahan itu diikuti dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dengan berbagai training atau pelatihan, mulai dari pelatihan ESQ sampai pelaksanaan pelatihan revolusi mental melalui perubahan pola pikir.

“Pada tahap awal, kita memprioritaskan perubahan mindset dengan cara melalukan berbagai pelatihan dan sampai saat ini kita sudah melaksanakan empat kali ESQ dan satu kali training revolusi mental dan team building”, jelas Fadhly.

Mengenai kesinambungan proses perubahan organisasi, Fadhly menjelaskan bahwa membangun leadership atau kepemimpinan disemua level sangat penting. “Perlu terus dilakukan brainstorming, pencerahan dan menanamkan nilai-nilai teamwork kepada semua pelaku pelayanan. Dan hal yang lebih penting adalah leadership dari pimpinan tertinggi OPD”, jelas Fadhly.

Menurutnya, memimpin dengan memberikan contoh adalah faktor penting untuk membentuk karakter team kerja, agar ada yang menjadi panutan dalam bekerja mencapai visi OPD, dan itu adalah bagian penting dari leadership.