Mengintip PABUKOAN
Cara Kreatif Intip Layanan Inovatif

By DUKCAPIL CERIA 26 Apr 2021, 13:49:00 WIB inovasi pelayanan
Mengintip PABUKOAN

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melakukan pelayanan keliling selama bulan Ramadhan 1442 H. Layanan keliling selama Ramadhan diberi tagline MANANTI BABUKO. Tagline ini singkatan dari MAsyarakat di Nagari seNang haTI BersamaA Urus administrasi Kependudukan Oke.

Layanan diprioritaskan di Nagari dengan jumlah penduduk yang belum perekaman biometrik masih tinggi. Pelayanan ini juga memberikan semua jenis layanan administrasi kependudukan dengan prioritas utama adalah pelayanan perekaman biometrik dan pelayanan kartu identitas anak (KIA). Selain dua layanan prioritas masyarakat dapat mengajukan layanan melalui aplikasi Dukcapil Ceria Mobile tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Sebagai bagian dari kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) peningkatan kualitas pelayanan, creative team Dukcapil Ceria menerapkan konsep Mengintip PABUKOAN. Konsep ini merupakan akronim dari Mengintip PelayanAn Beres Urusan administrasi Kependudukan Oke di kAntor Nagari.  

Pada  Senin 26 April 2021 Disdukcapil Padang Pariaman atau yang lebih dikenal Dukcapil Ceria melakukan layanan di Kantor Nagari Balah Aie Kecamatan VII Koto. Layanan di Balah Aie ini merupakan jadwal dengan lokasi yang ketujuh sejak bulan Ramadhan, yang dimulai pada 14 April di Nagari Balah Hilia Lubuak Aluang. Dengan tim pelayanan Taufik Hidayat, Muhammad Taufik Kamil, dan Charly Romios.

Dalam pelaksanaan pelayanan di Balah Aie, tim Disdukcapil melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan layanan. Tim monev terdiri dari Fauzi Al Azhar, SAP, MAP, Pelaksana Tugas Kabid Pendaftaran Penduduk, Suhatman, S.Kom, MAP Kasi SIAK, dan Zulhari, S.Kom, Administrator Database Dukcapil, serta Ridia Febria Nengsih Staf Dukcapil. Dalam kegiatan monev, Fauzi Al Azhar memberi apreasiasi yang tinggi kepada Penjabat Wali Nagari yang melakukan revitalisasi sarana dan prasarana pelayanan di Kantor Nagari. Lebih lanjut Fauzi Al Azhar mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Nagari yang telah memfasilitasi pelaksanaan layanan keliling Dukcapil sehingga memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan adminduk.