Kolaborasi Layanan Bersama Nagari, Kantor Disdukcapil Sepi
Berita Terkait
- Minati Layanan Online dari Nagari, Walinagari Sijunjung Kunjungi Disdukcapil Padang Pariaman0
- Cermin Hati, Kolaborasi Inovasi Dukcapil Ceria Pengadilan Agama0
- Layanan Tunggu Dirumah Saja (TdS) Dukcapil Padang Pariaman Rekam Nenek Berusia 120 Tahun0
- Percepatan Nagari Sebagai Pusat Pelayanan Publik, Aparatur Nagari Lurah Ampalu Studi Ke Dukcapil Ceria0
- Kadis M. Fadhly Berikan Inspirasi, Peningkatan Kapasitas Perangkat Nagari jadikan Pemerintah Nagari EO Kesejahteraan Nagari0
- Wujudkan Smart to Amal, Nagari III Koto Aua Malintang Peningkatan Kapasitas Aparatur di Hari Libur0
- Komitmen Sukseskan Pilkada, Dukcapil Ceria Antar KTP-el pada Hari Pemungutan Suara0
- Kadisdukcapil Uraikan Manajemen SDM Pelayanan Pada Bimtek Dukcapil Provinsi Riau0
- Komite Etika Kembali Gelar Rapat dan Evaluasi Pelaksanaan Pengendalian Intern0
- Kunjungi Dukcapil Ceria, Pemkab Langkat Benchmarking Pelayanan Yang Membahagiakan Masyarakat0
Berita Populer
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Dikunjungi Kadisdukcapil se Provinsi Bengkulu, Dukcapil Padang Pariaman Beberkan Proses Perubahan
- Layanan Tunggu Dirumah Saja (TdS) Dukcapil Padang Pariaman Rekam Nenek Berusia 120 Tahun
- Muhammad Fadhly : Layanan Tunggu Dirumah Saja Untuk Menjamin Penduduk Mendapatkan Hak Yang Sama Terhadap Pelayanan Adminduk
- Disdukcapil Bahas Peningkatan Pelayanan Publik di Nagari Bersama OPD Terkait
- Dukcapil Ceria Padang Pariaman Terima Penghargaan Tingkat Nasional, DUKCAPIL BISA
- Kunjungi Dukcapil Ceria, Pemkab Langkat Benchmarking Pelayanan Yang Membahagiakan Masyarakat
- Narasumber pada Musrenbang Kota Pematang Siantar, Fadhly : Inovasi Akan Sukses Jika Dikelola Dengan Serius
- Nagari Kudu Gantiang Barat, Layanan Masyarakat dengan Tim Yang Kuat
- Kadisdukcapil Uraikan Manajemen SDM Pelayanan Pada Bimtek Dukcapil Provinsi Riau
Keterangan Gambar : Pojok Taman diluar Kantor Disdukcapil sebagai salah satu alternatif ruangan tunggu terbuka untuk loket 20
Penerapan layanan administrasi kependudukan secara online melalui layanan Nagari Go Digital telah menimbulkan perubahan drastis dalam aktifitas pelayanan publik administrasi kependudukan. Pelayanan tatap muka yang dibatasi oleh ruang dan waktu sudah beralih menjadi pelayanan online tanpa batas ruang dan waktu. Akibat perubahan pola ini aktivitas pelayanan tatap muka di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menjadi sepi.
Disdukcapil Padang Pariaman telah menerapkan layanan online melalui aplikasi android Dukcapil Ceria Mobile dan aplikasi berbasis web melalui url : http://siak.padangpariamankab.go.id:81/androids/. Penerapan layanan ini dilakukan melalui kolaborasi dengan 103 Nagari di Kabupaten Padang Pariaman. Pada masing-masing terdapat admin Nagari yang membantu fasiliasi pelayanan online. Peran ini sebagai bagian dari pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Pemerintah Nagari sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2015, khususnya fungsi administrasi kependudukan.
Selama tahun 2020 jumlah pengajuan layanan online adalah lebih daria 86.000. Sedangkan selama bulan januari 2021 adalah.7.478. Dengan rata-rata pengajuan layanan online per hari 300 permohonan, Dengan angka tersebut tersebut, maka jumlah nominal yang kurang lebih sama dengan angka tersebut merupakan estimasi perkiraan kunjungan untuk layanan tatap muka per hari ke Disdukcapil. Dalam masa tatap muka ada rata-rata kunjungan ke Disdukcapil adalah 125 - 175 kunjungan per hari.