Replikasi Inovasi, Di Sergai Kadis Dukcapil Muhammad Fadhly Berbagi Inspirasi
Berita Terkait
- Layanan Nagita Menginspirasi, Dukcapil Sergai Replikasi Inovasi0
- Narasumber di Aceh, Muhammad Fadhly : Layanan Online Menumbuhkan Budaya Kerja Baru di Dukcapil Padang Pariaman0
- Disdukcapil Padang Pariaman Pertahankan Kategori Pelayanan Prima0
- Kolaborasi Layanan Bersama Nagari, Kantor Disdukcapil Sepi0
- Minati Layanan Online dari Nagari, Walinagari Sijunjung Kunjungi Disdukcapil Padang Pariaman0
- Cermin Hati, Kolaborasi Inovasi Dukcapil Ceria Pengadilan Agama0
- Layanan Tunggu Dirumah Saja (TdS) Dukcapil Padang Pariaman Rekam Nenek Berusia 120 Tahun0
- Percepatan Nagari Sebagai Pusat Pelayanan Publik, Aparatur Nagari Lurah Ampalu Studi Ke Dukcapil Ceria0
- Kadis M. Fadhly Berikan Inspirasi, Peningkatan Kapasitas Perangkat Nagari jadikan Pemerintah Nagari EO Kesejahteraan Nagari0
- Wujudkan Smart to Amal, Nagari III Koto Aua Malintang Peningkatan Kapasitas Aparatur di Hari Libur0
Berita Populer
- Mudah dan Gratis, Begini Pelayanan Online Dukcapil Padang Pariaman
- Cukup Menunggu 15 Menit setelah Perekaman, KTP-el Anda dapat di Cetak
- Mulai Terima Kunjungan Dari Luar Daerah, Dinas Dukcapil Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Penerimaan Tamu
- `Pulang Abih` Tetapi Tidak Mampu Mengurus Surat Pindah? Begini Caranya!
- Mau Tau Status Cetak KTP-el Anda? Ayo Cek Disini
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Hubungi Kami di Layanan Pengaduan
- Memiliki Permasalahan Administrasi Kependudukan? Jangan Panik! Ada Layanan Pengaduan Disdukcapil
- Persiapan Penilaian Pelayanan Publik, Ini Aspek yang Harus Dipenuhi Disdukcapil
- Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman
Sebagai tindak lanjut pelaksanaan replikasi inovasi layanan Nagari Go Digital (Nagita) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Serdang Bedagai, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadhly. S, AP, MM melakukan tindak lanjut program. Salah satu program dalam replikasi inovasi adalah transfer knowledge. Pada Jumat 26 Maret 2021, Kepala Disdukcapil Padang Pariaman memberikan presentasi terkait transfer knowledge untuk kesuksesan penerapan replikasi inovasi layanan online.
Muhammad Fadhly menyampaikan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia (SDM) dalam kesuksesan pelaksanaan inovasi pelayanan. SDM pelayanan harus dengan pola pemikiran baru. Pola pemikiran baru yang dimaksud Fadhly adalah perlunya melakukan berbagai perubahan cara pelayanan yang dilengkapi dengan berbagai instrumen pendukung terlaksananya pelayanan.
Diantara instrumen-instrumen yang diperlukan itu adalah dukungan SDM yang berpikiran maju dan out of the box, dukungan tenaga IT, manajemen front office dan back office, tim kreatif dan tim monitoring dan evaluasi. "Bagaimana cara baru bisa diterapkan, jika orang-orang yang akan menerapkan inovasi masih dengan pola pemikiran lama", jelas Muhammad Fadhly.
Kabupaten Serdang Bedagai saat ini sedang berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dimana salah satunya menjangkau pengguna layanan dengan layanan online. Kebijakan ini dilakukan menyikapi perubahan lingkungan dan tuntutan pelayanan sesuai dengan kemajuan teknologi. Di samping itu, kondisi pandemi Covid19 menuntut instansi pelayanan untuk melakukan perubahan mekanisme pelayanan dengan menaati protokol kesehatan. Mekanisme ini bisa dilakukan melalui pelayanan online
Untuk itu perlu dukungan yang maksimal untuk penerapan layanan administrasi kependudukan secara online. Dukungan itu meliputi; Regulasi; Komitmen Leader; Komitmen tim kerja; Peralatan WFO/WFH; Jasa Pengiriman; Paket Data; Back Office Team; All In One Operator/Layanan Terintegrasi.
Regulasi terkait dasar hukum pelayanan administrasi kependudukan secara online. Disamping aturan umum melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri terkait layanan dalam jaringan (daring), Disdukcapil juga harus menyiapkan regulasi teknis dalam bentuk peraturan bupati.
Komitmen internal sangat dibutuhkan meliputi komitmen pimpinan dan komitmen tim kerja. Keberhasilan pelaksanaan inovasi didukung oleh komitmen mulai dari atasan sampai ke bawahan. Dukungan berikutnya adalah peralatan kerja serta dukungan akses internet. Serta yang terakhir adalah kebijakan pelaksanaan layanan terintegrasi yang bisa dilakukan oleh semua operator tanpa terkotak-kotak berdasarkan bidang - bidang pendaftaran penduduk dan bidang pencatatan sipil.
Dari pemaparan materi transfer knowledge, seluruh tim Disdukcapil Sergai menunjukkan komitmen yang kuat dan sikap antusias untuk keberhasilan penerapan inovasi. Pada sesi diskusi setelah sholat jumat, Kepala Disdukcapil Sergai Fitriadi, S.Sos, M.Si telah membagi tim teknis untuk mulai menerapkan layanan secara pada hari Senin besok, 29 Maret 2021.
Replikasi Inovasi…
Semoga Kolaborasi Bersama Dukcapil Ceria, Sergai Semakin Berseri