Survey Pelayanan 2019, Kadisdukcapil Tandatangani Janji Perbaikan

By DUKCAPIL CERIA 17 Des 2019, 13:45:00 WIB pengelolaan informasi adminduk

Berita Terkait

Berita Populer

Survey Pelayanan 2019, Kadisdukcapil Tandatangani Janji Perbaikan

Padang Pariaman, 17 Desember 2019

Dukcapil Ceria menunjukkan komitmen untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan publik. Sebagai bentuk komitmen tersebut, Kepala Dinas Dukcapil M. Fadhly S, AP, MM menandatangani Janji Perbaikan Layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berdasarkan hasil survey kepuasan masyarakat tahun 2019. Kegiatan penandatanganan dilakukan pada akhir acara Forum Konsultasi Publik dan Publikasi Hasil SKM Tahun 2019. Forum Konsultasi Publik dan Publikasi Hasil SKM Tahun 2019 dilaksanakan oleh Bagian Organisasi pada Selasa, 17 Desember 2019 di Ruang Rapat Sekda, IKK Parit Malintang.

Sebelum penandatanganan komitmen, dilakukan penyampaian hasil survey kepuasan masyarakat Tahun 2019 oleh Drs. Muharizal, M.Si, Direktur Pusat Kajian Kebijakan Publik Sumatera Barat. Dukcapil Ceria mendapatkan indeks kepuasan masyarakat pada angka 86,27 dengan indikator baik, nilai ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2018 dengan hasil SKM pada angka 83,01. Penilaian dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

80107684_10219014987073202_6031372515928965120_o.jpg

Dari rekapitulasi hasil survey kepuasan,kualitas sarana dan prasarana mendapat indeks penilaian tertinggi dengan skor 3,80. Faktor pendukung yang memberikan nilai skor tinggi dari skor maksimal 4,00 sesuai Permenpan Nomor 14 Tahun 2017 adalah kemampuan Dukcapil Ceria dalam melakukan inovasi penataan ruang kantor. Kantor Dukcapil Ceria yang kecil bisa dibuat nyaman dan menarik untuk pelayanan masyarakat.

Dalam pemaparan dari pemateri berikutnya dari Adel Wahyudi Ombudsman Sumatera Barat memaparkan beberapa poin kunci terkait dengan pelayanan publik. Poin pokok yang menjadi sorotan dalam era disrupsi seperti sekarang adalah pelayanan publik harus menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat serta perkembangan teknologi. Pelayanan publik harus adaptif dengan perubahan. Dukcapil Ceria menunjukkan kemampuan adaptif dalam memanfaatkan kemajuan teknologi untuk layanan Dukcapil melalui inovasi Nagari go digital.
Dengan IKM 2019, Dukcapil Ceria semangat meningkatkan kualitas pelayanan
Semangat go digital inspirasi inovasi dari Nagari untuk kemajuan Negeri.