Layanan Online Meningkat, Tandikek Barat Gerak Cepat Dapatkan Internet Untuk Pelayanan Masyarakat

By DUKCAPIL CERIA 05 Jun 2020, 10:51:31 WIB inovasi pelayanan
Layanan Online Meningkat, Tandikek Barat Gerak Cepat Dapatkan Internet Untuk Pelayanan Masyarakat

Padang Pariaman, 13 Mei 2020

Nagari Tandikek Barat memberikan inspirasi ditengah pandemi. Hal tersebut ditemukan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman M. Fadhly. S, AP, MM pada saat monitoring dan evaluasi layanan Nagari Go Digital (Nagita) di Nagari tersebut pada Rabu siang, 13 Mei 2020. Inspirasi tersebut adalah semangat Sekretaris Nagari Tandikek Barat Syamsuardi dalam upaya mendapatkan jaringan internet untuk mendukung layanan online Nagita yang meningkat pesat.

Tandikek Barat secara geografis berada di kaki Gunuang Tigo, kawasan perbatasan Kabupaten Padang Pariaman dengan Kabupaten Agam. Wilayah Nagari belum ada jaringan kabel fiber optik untuk mendukung jaringan internet. Faktor geografis membuat Nagari tersebut tidak dijangkau oleh jaringan seluler. Jaringan seluler sangat rendah, dan sangat dipengaruhi ketersediaan energi listrik. Jaringan seluler terdekat adalah dengan menara BTS dari Nagari Tandikek sangat dipengaruhi energi listrik, jika listrik mati di area Nagari Tandikek, maka Nagari Tandikek Barat signal seluler akan hilang.

96422172_10220392801237695_3119731486375280640_n.jpgKeterbatasan tersebut tidak menjadi penghalang bagi Sekretaris Nagari dalam menjalankan tugas pemerintahan. Sebaliknya memberikan semangat untuk mengupayakan mendapatkan akses internet untuk mendukung layanan Nagita. Sehingga Tandikek Barat bisa sejajar dengan Nagari lain dalam pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman. Upaya yang dilakukan oleh Seknag adalah mencoba berbagai jaringan seluler yang ada untuk akses internet, tetapi tidak ada satu pun yang bisa memberikan hasil yang memuaskan. Tahapan berikutnya mencoba menghubungi beberapa perusahaan jasa internet. Penyedia jasa telah turun lapangan tetapi hasilnya sama walaupun mereka sudah memasang tiang yang tinggi. Sampai usaha tersebut membuahkan hasil dengan adanya informasi dari Nagari tetangga di Kabupaten Agam tentang akses internet menggunakan tiang receiver untuk transmisi. Dengan tinggi tiang sekitar 15 meter dipasang di belakang Kantor Wali Nagari, Tandikek Barat sekarang sudah bisa sejajar dengan Nagari lain dalam pelayanan adminduk. Bahkan Seknag dan Wali Nagari berkomitmen akan menjadi terdepan di Kabupaten Padang Pariaman walaupun wilayah geografis berada dipinggiran.

Dalam kegiatan monev, Kadis Dukcapil didampingi oleh Kasi Pendataan Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP, Kasi PIAK Suhatman S.Kom, MAP, dan Gino Meitulesi fungsional umum Dukcapil. Sebagai tindak lanjut dari monev, Kadis Dukcapil akan menugaskan BOT pada hari Kamis, 14 Mei 2020 untuk memfasilitasi percepatan pelaksanaan pelayanan Nagita di Tandikek Barat.

Semangat Dukcapil Ceria

Inspirasi di Masa Pandemi




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment