Dukcapil, Terobosan Yang Baik untuk Pelayanan Publik

By DUKCAPIL CERIA 25 Des 2019, 11:49:38 WIB inovasi pelayanan
Dukcapil, Terobosan Yang Baik untuk Pelayanan Publik

Jakarta, 25 November 2019

Kementerian Dalam Negeri meluncurkan mesin ‘ATM’ yang diberi label ADM, Anjungan Dukcapil Mandiri. Peluncuran ADM dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri pada 25 November di Hotel Discovery Ancol Jakarta Utara. Kegiatan peluncuran dilakukan setelah pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil II Tahun 2019.

Setelah penekanan tombol secara simbolis peluncuran ADM, Mendagri melakukan cetak dokumen KTP hanya dalam hitungan kurang dari 1,5 menit. Dengan adanya ADM akan memberi kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik yang selama ini sulit diperoleh.

Kemudahan yang akan diperoleh oleh masyarakat yaitu bisa melakukan cetak dokumen secara mandiri. Masyarakat bisa mencetak sendiri dokumen kependudukan dan pencatatan sipil tanpa harus datang ke Kantor Dinas Dukcapil. Dokumen yang bisa dicetak yaitu Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, dan Akte Kematian dan Kartu Indentitas Anak (KIA).Pengamanan sistem ADM ini menggunakan NIK, PIN dan QR code.

 enteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan apresiasi atas terobosan yang dilakukan oleh jajarannya. "Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat sebagai persembahan dari jajaran dukcapil dan otomatis saya selaku mendagri merasa bangga dan berterima kasih dan juga mudah-mudahan masyarakat bisa menikmati ini semua. Dan mudah-mudahan bisa menjadi model bagi layanan publik lainnya di bidang lain," tutur Tito.

(Sumber Foto: Hasbullah/TIMES Indonesia)