Tingkatkan Kemampuan adminduk bagi seluruh operator Nagari se Kabupaten Padang Pariaman, Disdukcapil adakan Bimtek

By DUKCAPIL CERIA 05 Sep 2024, 14:06:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Tingkatkan Kemampuan adminduk bagi seluruh operator Nagari se Kabupaten Padang Pariaman, Disdukcapil adakan Bimtek

Padang, 05 September 2024

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menyelenggarakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kemampuan Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil di Rocky Plaza Hotel Padang, selama 2 (dua) Hari pada Tanggal 04-05 September 2024 yang di ikuti oleh seluruh Operator Nagari se-Kabupaten Padang Pariaman.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, S.E., M.M,  dalam sambutannya Suhatribur, SE, M.M menyampaikan pelayanan publik adalah pemberian pelayanan prima kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban Aparatur Pemerintah sebagai abdi masyarakat, tentunya juga kewajiban setiap unsur penyelenggara pelayanan publik termasuk petugas operator dan petugas pelayanan pada Dinas Disdukcapil.

"Untuk itu saya mengharapkan agar nantinya narasumber dapat memberikan ilmu dan bimbingan, teguran dan arahan bagi peserta agar semakin menjiwai tugas dan kewajiban dalam melayani masyarakat. Pesan dan harapan saya agar segenap aparatur Pemerintah Kabupaten Kapuas dan petugas untuk dapat bekerja dengan baik serta memiliki komitmen kuat dalam melaksanakan pelayanan publik di Kabupaten Kapuas, perhatikan setiap ketentuan yang berlaku, jangan menyalahgunakan kewenangan dan tugas yang diberikan serta selesaikan bersama-sama dengan serius dan bertanggung jawab,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kurniadi Ilham, M. Si, dosen program studi UNAND sebagai narasumber menyampaikan materi mengenai "Service Excellent adalah suatu pelayanan terbaik yang diberikan oleh suatu organisasi dalam memenuhi harapan dan kebutuan para pelanggannya". Tujuan mempelajari service excellent terbagi menjadi 2 (dua) yaitu yang pertama adalah tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum adalah rekan-rekan diharapkan dapat mengimplementasikan kualitas layanan pada pekerjaan dan tujuan khusus adalah memahami pelayanan pelanggan dalam meningkatkan profit perusahaan, memahami fungsi kerja dalam memahami kepuasan pelangan, memahami harapan dan kebutuhan pelanggan atau pengguna layanan secara terus menerus untuk meningkatkan pelayanan. Manfaat diterapkan service excellent di dunia kerja yaitu costumer akan merasa puas ketika kita memberikan pelayanan yang terbaik.

Dalam penyampaian materi juga dipraktekan bagaimana melakukan service excellent dan dilanjutkan dengan tanya jawab.