Adakan Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Nagari

By DUKCAPIL CERIA 29 Feb 2024, 15:08:00 WIB pemanfaatan data kependudukan

Berita Terkait

Berita Populer

Adakan Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Nagari

Padang Pariaman, 29 Februari 2024

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padang Pariaman terus melakukan peningkatan kualitas petugas yang mendukung pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan. Sebagai Salah Satu Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Dalam Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Padang Pariaman, Maka dilaksanakan Upaya Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Nagari dalam Layanan Adminduk yang dilaksanakan selama empat hari yang dimulai pada Senin, 26 Februari 2024 s/d Kamis, 29 Februari 2024, yang diikuti oleh seluruh perwakilan Admin Nagari se Kabupaten Padang Pariaman, yang dilaksanakan di Prisma Room Dukcapil Padang Pariaman.

Dalam pelaksaan kegiatan ini disambut langsung oleh Kabid Dafduk, Fauzi Al Azhar, S.AP, M.AP, Adb, Zulhari, dan seluruh Tim Dukcapilceria. pada kesempatan yang sama Kabid Dafduk, Fauzi Al Azhar, S.AP, M.AP, menyampaikan “Kita berharap semua OPD sudah harus mulai move-on dan berubah menjadi digital dalam pelayanan. Caranya, menjadikan layanan yang manual saat ini menjadi layanan berbasis aplikasi”. melanjutkan arahan Kemendagri dalam  upaya percepatan transformasi digital dan keterpaduan Layanan Digital Nasional, melalui Digital ID atau Identitas Kependudukan Digital (IKD), "kami harapkan petugas nagari bisa membantu dalam instalasi dan aktivasi aplikasi Identitas Kependudukan Digital untuk masyarakat di kantor nagari" , ujarnya.

 

Dengan memastikan bahwa setiap individu dapat dengan mudah mengakses dan memanfaatkan layanan publik, IKD menjadi alat yang kuat untuk memajukan kehidupan masyarakat secara menyeluruh. Dalam upaya mencapai visi ini, kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sipil menjadi kunci untuk menciptakan pelayanan publik yang inklusif dan memberdayakan semua lapisan masyarakat.