Layani Perekaman ke Sekolah, Program Kadoku KTP-el Diminati Siswa

By DUKCAPIL CERIA 01 Nov 2018, 15:00:59 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Layani Perekaman ke Sekolah, Program Kadoku KTP-el Diminati Siswa

Padang Pariaman, 1 November 2018

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman terus mengejar target penduduk yang seharusnya telah memiliki KTP-el tapi belum merekam data biometrik. Potensi data terbanyak terdapat pada siswa yang saat ini sedang menjalani pendidikan di tingkat sekolah menengah atas (SMA). Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman, Muhammad Fadhly saat dikonfirmasi pada pelayanan program Kadoku KTP-el di SMA Lubuk Alung pada Selasa, 30 Oktober 2018 kemaren menjelaskan bahwa sebanyak lebih kurang 9.500 jiwa setiap tahunnya, tumbuh wajib KTP baru atau pemula.

"Ya, hampir 10.000 jiwa setiap tahunnya, usia 17 tahun baru. Mereka menjadi wajib KTP-el dan harus melakukan perekaman data biometrik KTP-el", jelas Fadhly.

Fadhly menjelaskan bahwa pihaknya telah menyediakan sebuah program inovatif yang diberi nama "Kadoku KTP-el" yang dalam pelaksanaannya siswa SMA hanya menunggu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melakukan perekaman ke sekolah-sekolah disaat mereka berusia 16 tahun. Jika jadwal disekolah ada, maka siswa harus menyempatkan diri untuk melakukan perekaman. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman telah menjadwalkan perekaman ke sekolah-sekolah dengan terlebih dahulu menghubungi pihak sekolah untuk menyiapkan data siswa yang belum melakukan perekaman KTP-el. Data yang diperoleh oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman akan ditindaklanjuti dengan menyusun jadwal pelayanan ke sekolah tersebut.

Program Kadoku KTP-el akan memberikan banyak manfaat diantaranya; 1) siswa tidak perlu mendatangi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman yang lokasinya cukup jauh dari sekolah untuk mendapatkan pelayanan KTP-el, 2) siswa tidak perlu meninggalkan jadwal pelajaran karena perekaman dilakukan langsung disekolah, 3) dengan perekaman disekolah, resiko terhadap kecelakaan dalam perjalanan menuju pusat pelayanan dapat dihindari, 4) hemat biaya karena tidak perlu biaya transportasi, 5) yang paling penting dari program ini adalah siswa menerima KTP-el nya pada hari ulang tahun yang bersangkutan dilengkapi dengan pelindung KTP-el yang diberikan secara cuma-cuma dan ucapan selamat ulang tahun dari Bupati Padang Pariaman.

Dengan slogannya "untuk masyarakat kami hadir lebih dekat", Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melahirkan program ini untuk semangat memudahkan pelayanan. Dalam sebuah balasan akun facebook, Bapak Edison di Lubuk Alung mengomentari bahwa putranya yang bersekolah di SMA Lubuk Alung telah menerima KTP-el yang dikirim via PT POS Indonesia ke sekolah. "Pak Kadis, anak saya telah menerima KTP-el disekolah saat ia berusia 17 tahun kemaren", jelas Edison.

Dengan program inovatif ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman mengajak kepada semua siswa di SMA bahwa apabila petugas perekaman pada program Kadoku KTP-el datang ke sekolah-sekolah, jangan sampai dilewatkan. "Lakukan perekaman saat itu juga, jangan dilewatkan. Nanti akan butuh waktu jika berlayanan ditempat yang lain," jelas Fadhly. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman juga berharap kepala-kepala SMA di Padang Pariaman dapat membantu suksesnya program pelayanan ini dengan cara menfasilitasi, untuk memudahkan siswa mendapatkan identitas.