Undang 10 Wali Nagari Pilot Project, Dukcapil Ceria Evaluasi Semangat Nagari Go Digital

By DUKCAPIL CERIA 18 Nov 2019, 11:58:54 WIB inovasi pelayanan
Undang 10 Wali Nagari Pilot Project, Dukcapil Ceria Evaluasi Semangat Nagari Go Digital

Padang Pariaman, 18 November 2019

Sebagai nagari percobaan dalam penerapan Nagari Go-Digital, dimana dokumen kependudukan dapat langsung diterbitkan dan selesai di nagari, Dukcapil Ceria selalu mendampingi dan memantau perkembangan dan hambatan dalam pelaksanaan program di nagari. Senin, 18 November 2019 Tim Dukcapil Ceria mengundang 10 Wali Nagari Pilot Project untuk melaksanakan evaluasi di Prisma Room.

10 Nagari Pilot Project ini adalah Nagari Seulayat Ulakan, Sandi Ulakan, Kapalo Koto, Kurai Taji Timur, Sikucua, Ambuang Kapua Sungai Sariak, Gasan Gadang, Malai V Suku, Parit Malintang, dan Sungai Gimba Ulakan.

Di dalam pertemuan, kadisdukcapil memaparkan kuantitas pengguna Aplikasi Dukcapil Ceria Digital dari tiap-tiap nagari dan produktivitas administrator nagari dalam program Si Pakem. Nagari dengan tingkat perkembangan user Dukcapil Ceria Digital tertinggi adalah Kurai Taji Timur. Sedangkan tingkat produktivitas administrator petugas nagari tertinggi dalam pelaksanaan SiPakem berasal dari Nagari Sandi Ulakan.

Evaluasi walnag pilot project (2).jpeg

Kegiatan ini merupakan evaluasi semangat go digital bagi entitas Nagari yaitu Wali Nagari selaku pengambil kebijakan serta Perangkat Nagari sebagai pelaksana teknis. Sebelumnya telah dilakukan sosialisasi dan pelatihan terhadap operator nagari secara langsung. (Baca:Perkuat Pelayanan di Nagari, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman Berikan Pembekalan Nagari Go-Digital dan Nagari Pilot Project, Penerbitan Dokumen Kependudukan Langsung di Nagari). Dari Evaluasi ini didapatkan Semangat Go-Digital bagi nagari dengan 3P, Pasang, Praktik, Promosi. Artinya, entitas nagari menginstal dan memasang sendiri Aplikasi Dukcapil Ceria Mobile di smartphone masing-masing, kemudian mempraktikkan langsung pelayanan mandiri, dan selanjutnya mempromosikan, mengajak, dan mengajarkan masyarakat dalam pemanfaatan aplikasi. 

Peran Wali Nagari selaku pengambil kebijakan di nagari diharapkan mampu mempercepat penerapan kebijakan Nagari Go Digital dan mendukung kebijakan penganggaran untuk penyediaan sarana prasarana. Wali Nagari Pilot Project diberikan pembekalan dan pendalaman terhadap penerapan program, agar nantinya dari entitas nagari dapat saling memperkuat pelaksanaan program.