Cetak Dokumen Adminduk di Kantor Nagari, Kabupaten Padang Pariaman Jadi Pelopor Dukcapil Go Digital

By DUKCAPIL CERIA 13 Des 2019, 15:25:00 WIB forum dukcapil sumbar

Berita Terkait

Berita Populer

Cetak Dokumen Adminduk di Kantor Nagari, Kabupaten Padang Pariaman Jadi Pelopor Dukcapil Go Digital

Solok, 13 Desember 2019

Dalam rangka percepatan penerapan Dukcapil go digital, Forum Dukcapil Sumatera Barat melaksanakan Rapat Koordinasi Dinas Dukcapil se Sumatera Barat. Kegiatan ini dilaksanakan di Villa Danau Kembar Resort, Alahan Panjang, Solok. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota se Sumatera Barat. Rakor akhir tahun 2019 ini diberi tema Persiapan Dukcapil Sumbar Menuju Go Digital. Pemateri dalam kegiatan ini adalah Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Pasaman Barat, Yulisna, SH, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman, M. Fadhly. S, AP, MM, dan Dinas Dukcapil Kabupaten Solok Wandi Yuldarmawan. Penyampaian materi dilakukan secara panel dilanjutkan dengan sesi diskusi.

Rakoor da fadhly 2.jpgDalam sesi materi, Dukcapil Ceria menyampaikan perkembangan kebijakan Nagari go digital di Kabupaten Padang Pariaman. Berdasarkan perkembangan sampai senin, 9 Desember 2019 sudah 49 Nagari di Kabupaten Padang Pariaman yang melakukan layanan cetak dokumen kependudukan di Nagari. Dengan penerapan layanan cetak dokumen kependudukan di Nagari, maka Kabupaten Padang Pariaman merupakan pelopor untuk percepatan penerapan Dukcapil Go Digital di Sumatera Barat. Kabupaten Padang Pariaman yang pertama menjadikan Kantor Nagari sebagai lini terdepan untuk pelayanan administrasi kependudukan di Nagari. Kebijakan Nagari go digital di Padang Pariaman dengan layanan cetak dokumen kependudukan di Nagari akan diberlakukan untuk 103 Nagari mulai akhir tahun 2019.

Dengan perkembangan kebijakan Nagari go digital di Kabupaten Padang Pariaman yang signifikan mendapat apresiasi dari peserta rakor. Beberapa Kabupaten/Kota akan melakukan sharing informasi dengan Dukcapil Ceria.

Semangat inovasi dari Nagari menginspirasi Negeri.