Terima Studi Tiru Perangkat dan Bamus Nagari Koto Baru, Kadisdukcapil Presentasikan Peran Nagari Dalam Pelayanan Publik

By DUKCAPIL CERIA 03 Des 2021, 17:27:00 WIB inovasi pelayanan
Terima Studi Tiru Perangkat dan Bamus Nagari Koto Baru, Kadisdukcapil Presentasikan Peran Nagari Dalam Pelayanan Publik

Keterangan Gambar : Foto Bersama Tim dari Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat


Padang Pariaman, 3 Desember 2021

Dipimpin Pj Walinagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat Martias,  sebanyak 30 orang peserta studi tiru dari Pasaman Barat mengunjungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman pada Jumat, 3 Desember 2021. Rombongan studi tiru terdiri dari perangkat nagari, anggota bamus nagari serta kepala-kepala jorong dan perangkat nagari persiapan di daerah itu. Kepala Dinas Dukcapil Muhammad Fadhly menerima rombongan studi tiru di Prisma Room Dukcapil Padang Pariaman, Jl. Dr. Soeharjo No. 7 Pariaman.

Pada kesempatan tersebut, Pj Walinagari Koto Baru Martias menyampaikan maksud kedatangan rombongan ke Dinas Dukcapil Padang Pariaman. “Kami mendengar banyak testimoni masyarakat tentang berbagai kemudahan pelayanan kependudukan di kabupaten Padang Pariaman, khususnya pada inovasi Nagari Go Digital. Oleh karena itu, kami membawa pemangku kepentingan di nagari untuk mendapatkan gambaran tentang hal tersebut. InsyaAllah nanti akan diterapkan di nagari kami”, jelas Martias. Selain itu, Martias juga menyampaikan adanya keinginan untuk memiliki Anjungan Dukcapil Mandiri serta menata pelayanan di nagari sebagaimana telah dilakukan di Padang Pariaman.

“Kami datang dengan semua anggota bamus, mudah-mudahan apa yang ada disini dapat memberikan gambaran kepada bamus nagari Koto Baru untuk perencanaan di tahun depan”, lanjut Martias.

Kadisdukcapil Pariaman Muhammad Fadhly menerima langsung rombongan. Pada kesempatan tersebut Muhammad Fadhly menyampaikan materi tantang peran nagari bersama bamus nagari dalam meningkatkan kualitas pelayanan public di nagari.

“Pemerintah Nagari bersama Bamus Nagari memegang peranan penting dalam kemajuan pelayanan public di nagari. Kemana nagari akan dibawa, sangat bergantung terhadap kebijakan dan program yang dilakukan oleh pemerintah nagari bersama bamus. Oleh sebab itu, perlu saling mendukung dan mencari solusi yang tepat terhadap permasalahan-permasalahan dinagari”, jelas Fadhly.

“Pelayanan administrasi seperti administrasi kependudukan di kantor adalah pelayanan yang dinikmati masyarakat di kantor walinagari. Programnya tidak dalam bentuk fisik, tetapi hasil pelayanannya dapat menyentuh perasaan masyarakat. Layanannya berhubungan dengan layanan lain, seperti BPJS, BPNT, PKH dan sebagainya. Oleh sebab itu, harus ditata dengan baik. Berikan kemudahan dan fasilitas yang nyaman bagi masyarakat”, terang Fadhly.

Menurut Fadhly, sudah seharusnya wajah pelayanan public mulai dari tingkat kabupaten sampai ke nagari, dibenahi sesuai dengan aspek-aspek pelayanan public. Sarana prasarana teknologi, fasilitas layanan, ruang tunggu yang nyaman, sumber daya manusia yang santun dan sebagainya. Semuanya butuh dukungan dari dana nagari.

Pada kesempatan tersebut kadisdukcapil juga memaparkan inovasi Nagita yang telah sukses di Padang Pariaman dan telah direplika pada beberapa kabupaten kota. “Layanan online atau digitalisasi pelayanan butuh dukungan bersama. Disinilah peran bamus dan pemerintah nagari dalam menyusun perencanaan dan penganggaran guna melaksanakan transformasi ini. Semua butuh kebijakan anggaran”, jelas Fadhly

Selain mengikutkan anggota badan musyawarah nagari, juga hadir perangkat nagari Koto Baru dan perangkat nagari persiapan. Setelah mendengarkan pemaparan Kadisdukcapil, rombongan melihat dan mendokumentasikan berbagai fasilitas layanan yang disediakan di Dinas Dukcapil Padang Pariaman.