Terima Studi Tiru Perangkat dan Bamus Nagari Koto Baru, Kadisdukcapil Presentasikan Peran Nagari Dalam Pelayanan Publik
Berita Terkait
- Dukcapil Ceria Berbagi Inspirasi Bersama Disdukcapil se Provinsi Jawa Barat0
- DUA TAHUN NAGITA, Dari Nagari Melintasi Provinsi0
- Kadisdukcapil sharing Inovasi SiPakem di Kementerian Kesehatan0
- Layanan Nagita Masuk Kota, Kota Dumai Replikasi Inovasi 0
- Kepala Disdukcapil Berbagi Inspirasi Inovasi dalam Bimtek Standar Pelayanan Publik Kota Pariaman0
- Dikunjungi Divisi Imigrasi, Dukcapil Ceria Mendapat Apresiasi Pengembangan Inovasi0
- Satu Hari Terima Kunjungan Dari Dua Provinsi0
- Dirjen Dukcapil, Merasa Sangat Gembira di Dukcapil Ceria0
- Disdukcapil Padang Pariaman Pertahankan Prestasi Tingkat Provinsi0
- Disdukcapil Padang Pariaman, 100 Menit Bersama Bupati Tanah Datar0
Berita Populer
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Dikunjungi Kadisdukcapil se Provinsi Bengkulu, Dukcapil Padang Pariaman Beberkan Proses Perubahan
- Layanan Tunggu Dirumah Saja (TdS) Dukcapil Padang Pariaman Rekam Nenek Berusia 120 Tahun
- Muhammad Fadhly : Layanan Tunggu Dirumah Saja Untuk Menjamin Penduduk Mendapatkan Hak Yang Sama Terhadap Pelayanan Adminduk
- Disdukcapil Bahas Peningkatan Pelayanan Publik di Nagari Bersama OPD Terkait
- Kunjungi Dukcapil Ceria, Pemkab Langkat Benchmarking Pelayanan Yang Membahagiakan Masyarakat
- Narasumber pada Musrenbang Kota Pematang Siantar, Fadhly : Inovasi Akan Sukses Jika Dikelola Dengan Serius
- Dukcapil Ceria Padang Pariaman Terima Penghargaan Tingkat Nasional, DUKCAPIL BISA
- Nagari Kudu Gantiang Barat, Layanan Masyarakat dengan Tim Yang Kuat
- Kadisdukcapil Uraikan Manajemen SDM Pelayanan Pada Bimtek Dukcapil Provinsi Riau
Keterangan Gambar : Foto Bersama Tim dari Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat
Padang Pariaman, 3 Desember 2021
Dipimpin Pj Walinagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat Martias, sebanyak 30 orang peserta studi tiru dari Pasaman Barat mengunjungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman pada Jumat, 3 Desember 2021. Rombongan studi tiru terdiri dari perangkat nagari, anggota bamus nagari serta kepala-kepala jorong dan perangkat nagari persiapan di daerah itu. Kepala Dinas Dukcapil Muhammad Fadhly menerima rombongan studi tiru di Prisma Room Dukcapil Padang Pariaman, Jl. Dr. Soeharjo No. 7 Pariaman.
Pada kesempatan tersebut, Pj Walinagari Koto Baru Martias menyampaikan maksud kedatangan rombongan ke Dinas Dukcapil Padang Pariaman. “Kami mendengar banyak testimoni masyarakat tentang berbagai kemudahan pelayanan kependudukan di kabupaten Padang Pariaman, khususnya pada inovasi Nagari Go Digital. Oleh karena itu, kami membawa pemangku kepentingan di nagari untuk mendapatkan gambaran tentang hal tersebut. InsyaAllah nanti akan diterapkan di nagari kami”, jelas Martias. Selain itu, Martias juga menyampaikan adanya keinginan untuk memiliki Anjungan Dukcapil Mandiri serta menata pelayanan di nagari sebagaimana telah dilakukan di Padang Pariaman.
“Kami datang dengan semua anggota bamus, mudah-mudahan apa yang ada disini dapat memberikan gambaran kepada bamus nagari Koto Baru untuk perencanaan di tahun depan”, lanjut Martias.
Kadisdukcapil Pariaman Muhammad Fadhly menerima langsung rombongan. Pada kesempatan tersebut Muhammad Fadhly menyampaikan materi tantang peran nagari bersama bamus nagari dalam meningkatkan kualitas pelayanan public di nagari.
“Pemerintah Nagari bersama Bamus Nagari memegang peranan penting dalam kemajuan pelayanan public di nagari. Kemana nagari akan dibawa, sangat bergantung terhadap kebijakan dan program yang dilakukan oleh pemerintah nagari bersama bamus. Oleh sebab itu, perlu saling mendukung dan mencari solusi yang tepat terhadap permasalahan-permasalahan dinagari”, jelas Fadhly.
“Pelayanan administrasi seperti administrasi kependudukan di kantor adalah pelayanan yang dinikmati masyarakat di kantor walinagari. Programnya tidak dalam bentuk fisik, tetapi hasil pelayanannya dapat menyentuh perasaan masyarakat. Layanannya berhubungan dengan layanan lain, seperti BPJS, BPNT, PKH dan sebagainya. Oleh sebab itu, harus ditata dengan baik. Berikan kemudahan dan fasilitas yang nyaman bagi masyarakat”, terang Fadhly.
Menurut Fadhly, sudah seharusnya wajah pelayanan public mulai dari tingkat kabupaten sampai ke nagari, dibenahi sesuai dengan aspek-aspek pelayanan public. Sarana prasarana teknologi, fasilitas layanan, ruang tunggu yang nyaman, sumber daya manusia yang santun dan sebagainya. Semuanya butuh dukungan dari dana nagari.
Pada kesempatan tersebut kadisdukcapil juga memaparkan inovasi Nagita yang telah sukses di Padang Pariaman dan telah direplika pada beberapa kabupaten kota. “Layanan online atau digitalisasi pelayanan butuh dukungan bersama. Disinilah peran bamus dan pemerintah nagari dalam menyusun perencanaan dan penganggaran guna melaksanakan transformasi ini. Semua butuh kebijakan anggaran”, jelas Fadhly
Selain mengikutkan anggota badan musyawarah nagari, juga hadir perangkat nagari Koto Baru dan perangkat nagari persiapan. Setelah mendengarkan pemaparan Kadisdukcapil, rombongan melihat dan mendokumentasikan berbagai fasilitas layanan yang disediakan di Dinas Dukcapil Padang Pariaman.