Dikunjungi oleh Disdukcapil Kota Padang, Disdukcapil Ceria Sharing Inovasi Terbaru

By DUKCAPIL CERIA 12 Des 2019, 15:45:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Dikunjungi oleh Disdukcapil Kota Padang, Disdukcapil Ceria Sharing Inovasi Terbaru

Padang Pariaman, 12 Desember 2019.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan studi tiru dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang sebanyak 3 (tiga) orang tim yang terdiri dari 1 (satu) orang kepala seksi pengolahan dan penyajian data kependudukan, 1 (satu) orang kepala seksi tata kelola SDM dan TI, dan 1 (satu) orang admin database pada Kamis, 12 Desember 2019 di Prisma Room Dukcapil Ceria.

WhatsApp Image 2019-12-12 at 11.50.47 AM(2).jpegKunjungan ini disambut oleh Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Ceria. Pada kesempatan ini, Danti Ayu Fradina S.IP, Fungsional Umum di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menjelaskan inovasi Nagari Digital yang sedang giat-giatnya dijalankan di Kabupaten Padang Pariaman. Dua inovasi yang berandil besar dalam menuju nagari digital ini adalah penerapan Aplikasi Dukcapil Ceria Digital dan Si Pakem (Sistem Pelaporan Pencatatan Kelahiran dan Kematian).

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa dampak terhadap semua sektor kehidupan. Manusia berusaha menciptakan kemudahan  dengan perkembangan teknologi. Begitu juga yang ingin diterapkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan melalui Digitalisasi Pelayanan. Sehingga, pelayanan dokumen kependudukan tidak hanya dilayani hingga di depan rumah, tapi juga sampai ke dalam rumah, tanpa terbatas ruang dan waktu.