Nagari go digital, pendorong Smart Nagari untuk mewujudkan Smart City

By DUKCAPIL CERIA 16 Des 2019, 15:15:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Nagari go digital, pendorong Smart Nagari untuk mewujudkan Smart City

Padang Pariaman, 16 Desember 2019

79925535_683426522184054_8790296573000024064_o.jpgKabupaten Padang Pariaman merupakan salah satu daerah yang ditetapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk percepatan program 100 Smart City di Indonesia. Keberhasilan kebijakan Smart City di Kabupaten Padang Pariaman sangat ditentukan oleh keberhasilan penerapan kebijakan Smart Nagari. Smart Nagari merupakan faktor utama untuk mencapai smart city. Smart Nagari diusung dari elemen-elemen Smart City yaitu:
1.Smart Governance (tata kelola pemerintahan)
2.Smart Branding (branding daerah)
3.Smart Economy (perekonomian)
4.Smart Living (kualitas hidup dan kenyamanan)
5.Smart Society (interaksi masyarakat)
6.Smart Environtment (kelestarian lingkungan).

Kebijakan Nagari Go Digital yang ditetapkan oleh Dukcapil Ceria merupakan salah satu upaya percepatan penerapan smart Nagari di Kabupaten Padang Pariaman melalui elemen Smart Governance. Sebagai bentuk upaya percepatan penerapan Nagari Go Digital pada akhir tahun 2019 untuk 103 Nagari di Kabupaten Padang Pariaman, Dukcapil Ceria mengadakan Sosialisasi Program Nagari Go Digital dalam Rangka Mendukung Smart Nagari di Kabupaten Padang Pariaman. Peserta sosialisasi adalah Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pemberdayaan Masyarakat serta Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman. Dinas PMD dihadiri oleh Erman, S.Sos, MM Kepala Dinas, Dra. Elfi Delita, M.Farm, Apt Sekretaris, Rosi Yanti, ST Kabid Keuangan dan Aset, Dion Pranata, S.STP Kabid Pemdes, Rony Ersa Mahendra, S.IP Staf, dan Suarni Kasi Pemberdayaan Lembaga Sosial, Dinas Komunikasi dan Informatika dihadiri oleh Roza Suhendra, SE, M.CIO Kabid E-Gov, Romi Satriawan Cahyadi, S.Kom, MAP Kabid  Teknologi, Informasi dan Komunikasi, Handre, S.IP M.I.Kom Kasi Pengembangan Ekosistem E-Government, dan Alvinur staf Kominfo, Sedangkan TA P3MD dihadiri oleh Priska Defiyanti TA Perencanaan, Dasrul Effendi SH TA Pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan pemaparan kebijakan Nagari go digital oleh Kadis Dukcapil M. Fadhly. S, AP, MM. Dalam pemaparan materi menyampaikan sinkronisasi program antara Kebijakan Nagari go digital, openSID, serta pemanfataan dana desa untuk mendukung pengembangan digitalisasi di Nagari. Kebijakan Nagari go digital telah diterapkan untuk seluruh Nagari melalui tahapan Nagari Digital pemula, Nagari Digital Madya, Nagari Digital Lanjutan, dan Nagari Digital Prima. Saat ini sudah ada 66 Nagari masuk dalam kategori Nagari Digital Madya (Baca: Menuju Kabupaten Go Digital, Enam Kecamatan sudah bisa laksanakan cetak dokumen adminduk di Nagari).

79438781_683426532184053_2027992628418576384_o.jpg

Setelah pemaparan dilanjutkan dengan diskusi, yang diawali dengan tanggapan dari Kabid Keuangan dan Aset yang mendukung kebijakan Nagari go digital. Sedangkan Kabid e-Government Dinas Kominfo memberikan apresiasi kebijakan Nagari go digital dengan kebijakan openSID. Pada sisi lain Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat P3MD Dasrul, SH memberikan masukan tahapan untuk percepatan penerapan smart Nagari melalui pengembangan tahapan Nagari go digital. Sekretaris DPMD, Dra. Elfi Delita, M.Farm, Apt menyampaikan beberapa program ke Nagari dari masing-masing Perangkat Daerah yang bisa disinkronkan untuk mendukung smart Nagari. Program itu antara lain Kampung KB, Desa Siaga, Nagari Berprestasi.

Dalam akhir sosialisasi disepakati rencana kerja tindak lanjut, sebagai keputusan sosialisasi yaitu:
1.Mencanangkan komitmen bersama menerapkan Smart Nagari
2.Membentuk Sekretariat Bersama Smart Nagari
3.Menyusun regulasi serta road map Smart Nagari
4.Menetapkan pilot project
5.Melakukan evaluasi terhadap kondisi Nagari
6.Memulai bekerja sebelum tahun 2020.

Semangat go digital menjadikan Nagari milenial untuk efektivitas dan efisiensi penyelengggaraan Pemerintahan Nagari.
Semangat go digital inspirasi inovasi dari Nagari untuk kemajuan Negeri.