Duo Sekda Kunjungi Dukcapil Ceria
Sekda dan Disdukcapil Kabupaten Sarolangun dan Kota Blitar Kunjungi Disdukcapil Padang Pariaman

By DUKCAPIL CERIA 09 Des 2021, 16:44:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Duo Sekda Kunjungi Dukcapil Ceria

Keterangan Gambar : Foto Bersama Sekdakab Sarolangun dan Sekdako Blitar


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan dari dua Sekretaris Daerah pada Kamis siang, 9 Desember 2021. Dua Sekda tersebut berasal dari Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi dan Sekretaris Daerah Kota Blitar Provinsi Jawa Timur. Sekretaris Daerah Kabupaten Sarolangun Ir Endang Abdul Naser. Sekretaris Daerah Kota Blitar Priyo Suhartono, S.Sos, M.Si.

 

Dua daerah melakukan kunjungan ke Dukcapil Ceria dalam rangka benchmarking pelaksanaan pelayanan publik. Kunjungan ini merupakan bagian dari proses benchmarking pelayanan publik administrasi kependudukan secara online yang telah diterapkan oleh Disdukcapil Padang Pariaman sejak 2019.

 

Fasilitasi penerimaan kunjungan dilakukan di Prisma Room Dukcapil Ceria. Dalam agenda fasilitasi Kepala Disdukcapil Pariaman Muhammad Fadhly. AP, MM didampingi oleh Sekretaris Dinas, Drs. Martoni, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP, Kasubag Umum dan Kepegawaian Rina Angriani, S.Kom, dan Kasi Identitas Penduduk Nelda Arliza, SE, Ak.

 

Pertemuan dimulai dengan pengantar dari masing-masing Sekretaris Daerah. Sambutan pertama disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sarolangun Ir Endang Abdul Naser. Naser menyampaikan maksud kunjungan tim pemerintah kabupaten Sarolangun dalam pengelolaan layanan administrasi kependudukan untuk perlu peningkatan kualitas pelayanan dengan dukungan teknologi informasi. Naser mengungkapkan “Padang Pariaman merupakan referensi dalam pengelolaan layanan administrasi kependudukan yang didukung dengan penggunaan teknologi informasi. Tadi saya sudah melihat bagaimana proses pelayanan di nagari Balah Aie Kecamatan VII Koto.”   

 

Sekretaris Daerah Kota Blitar Priyo Suhartono dalam sambutan pengantar kunjungan menyampaikan tentang keinginan untuk mendalami pengelolaan layanan administrasi kependudukan secara daring. Lebih lanjut Priyo menyatakan bahwa  “kunjungan kami ke Disdukcapil Padang Pariaman merupakan catatan rekomendasi dari Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof Zudan Arif Fakhrullah. Prof Zudan menyampaikan untuk proses pengelolaan layanan bisa belajar kepada Dukcapil Padang Pariaman.”

 

Dalam pemaparan presentasi, Fadhly menjelaskan tentang perkembangan penerapan layanan adminduk berbasis teknologi informasi. “Inovasi layanan ini dinamakan Nagari Go Digital (Nagita) dikembangkan berbasis web dan berbasis android. Pengembangan pelayanan dilakukan melalui kolaborasi bersama Pemerintah Nagari. Kolaborasi telah dilaksanakan bersama 103 Nagari sejak Oktober 2019.”

 

Diakhir agenda kunjungan tim melakukan sesia foto bersama di depan Kantor Dukcapil Ceria. Turut hadir dalam agenda sesi foto adalah Sekretaris Kota Pariaman, Yota Balad S.STP, MM dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Pariaman Dwi Marhen Wahyono, S.STP, MM.

 

Sebelum melakukan kunjungan ke Dukcapil Ceria, tim Kabupaten Sarolangun telah melakukan kunjungan lapangan ke Nagari Balah Aie Kecamatan VII Koto. Dalam kunjungan di Nagari, tim diterima langsung oleh Wali Nagari Yunasrun, ST, ME, Sekretaris Nagari Zermawati, dan didamping oleh staf front office pelayanan. Dalam diskusi bersama aparatur di nagari tim disdukcapil menanyakan tentang pelaksanaan layanan online dan penggunaan aplikasi SIAK oleh Nagari. Rhevi Aliza sebagai admin Nagita menjelaskan tentang tugas fungsi admin Nagari dan pemanfaatan aplikasi SIAK dalam pelayanan Dukcapil Ceria Mobile maupun bagi penyelenggaraan Pemerintahan Nagari.

 

 

 

Diantara tim yang melakukan kunjungan ke Dukcapil Ceria adalah

Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi:

Hazrian SE M.Si Asisten Administrasi

Riduan, S.STP, ME Kepala Disdukcapil Kabupaten Sarolangun

Eva Susanti,SIP, Kabid Pencatatan Sipil

Rita Kartika Sari Dewi,SIP, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk

Rumiarni Zaiyar, S.Kom.,M.Si, Kasi Kerjasama

Dewi Sri Suryati, S.Pd, Kasi Kematian & Perub. Stat. Anak

Parida Ariani, Kasi SIAK

Harmoko, SH, Kasi pendataan penduduk

Reza Lesmana, Kasi Pengelolaan & penyajian Data

Lauhul Mahfuz, SH, Kasi tata kelola, SDM dan TIK

Fatmawati, Kasi pindah datang

Novia Contesa, Kasubbag Perencanaan

Hendry Winaldy, Kasi pemanfaatan data dan dokumen kependudukan

vanesha moliza, kasubag keuangan dan aset

Zulhendri, S.Km, Kasi Perkawinan dan Perceraian

 

Kota Blitar Provinsi Jawa Timur

Imam Muslim, S.Pd, M.Si, Kepala Disdukcapil

Pendik Dwi Prasetiyo, S.STP, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk

Eko yuli sugianto, AP., M.Si, Kasubag Umum dan Kepegawaian

Wahyu Budi utomo, SE Kasi Kelahiran

Benny Yuliarto, A.Md, Administrator Database