Evaluasi Smart City, Disdukcapil Presentasikan Nagita
Berita Terkait
- Implementasi Kolaborasi Inovasi0
- Digitalisasi Inovasi Cermin Hati0
- Dukcapil Ceria Padang Pariaman Terima Penghargaan Tingkat Nasional, DUKCAPIL BISA0
- Replikasi Inovasi, Di Sergai Kadis Dukcapil Muhammad Fadhly Berbagi Inspirasi0
- Layanan Nagita Menginspirasi, Dukcapil Sergai Replikasi Inovasi0
- Narasumber di Aceh, Muhammad Fadhly : Layanan Online Menumbuhkan Budaya Kerja Baru di Dukcapil Padang Pariaman0
- Disdukcapil Padang Pariaman Pertahankan Kategori Pelayanan Prima0
- Kolaborasi Layanan Bersama Nagari, Kantor Disdukcapil Sepi0
- Minati Layanan Online dari Nagari, Walinagari Sijunjung Kunjungi Disdukcapil Padang Pariaman0
- Cermin Hati, Kolaborasi Inovasi Dukcapil Ceria Pengadilan Agama0
Berita Populer
- Mudah dan Gratis, Begini Pelayanan Online Dukcapil Padang Pariaman
- Cukup Menunggu 15 Menit setelah Perekaman, KTP-el Anda dapat di Cetak
- Mulai Terima Kunjungan Dari Luar Daerah, Dinas Dukcapil Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Penerimaan Tamu
- `Pulang Abih` Tetapi Tidak Mampu Mengurus Surat Pindah? Begini Caranya!
- Mau Tau Status Cetak KTP-el Anda? Ayo Cek Disini
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Hubungi Kami di Layanan Pengaduan
- Memiliki Permasalahan Administrasi Kependudukan? Jangan Panik! Ada Layanan Pengaduan Disdukcapil
- Persiapan Penilaian Pelayanan Publik, Ini Aspek yang Harus Dipenuhi Disdukcapil
- Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman
Pariaman, 19 Mei 2021
Dua tahun melaksanakan program smart city, Kementerian Kominfo melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program smart city di Kabupaten Padang Pariaman dari berbagai dimensi. Dinas Dukcapil Padang Pariaman yang menjadi salah satu organisasi perangkat daerah yang melaksanakan program smart city juga menjadi objek evaluasi dibidang smart government.
Evaluasi smart city di Dinas Dukcapil Padang Pariaman menjadikan inovasi Nagita (Nagari Go Digital) sebagai Quick Win yang dievaluasi. Nagita yang telah dilaksanakan sejak Oktober 2019 merupakan layanan online berbasis androids dan berbasis desktop untuk pengurusan dokumen kependudukan cukup dari gadget atau dari kantor walinagari.
Dinas Dukcapil menyediakan 2 (dua) versi layanan untuk menyasar kondisi masyarakat yang berbeda. Bagi masyarakat yang memiliki gadget, dapat menggunakan aplikasi berbasis androids. Sedangkan bagi masyarakat yang tidak memiliki gadget, dapat melakukan pelayanan melalui front office kantor walinagari setempat dengan menggunakan aplikasi berbasis desktop.
Pada kesempatan tersebut, evaluator dari Kementerian Kominfo Bapak Hari Kusdaryanto mewawancarai 5 (lima) responden yang terdiri dari 1 (satu) orang PIC (person in charge), 2 orang pengguna layanan dan 2 orang pengelola layanan di nagari. Proses wawancara yang berlangsung selama lebih kurang 3 (tiga) jam ini menggali tentang manfaat inovasi nagita, proses pembangunannya, keterlibatan beragai pihak dan keberlanjutan program. Semua responden menyatakan sangat puas terhadap perkembangan layanan Nagita.
Dalam presentasinya, Kepala Dinas Dukcapil menyampaikan bahwa layanan Nagari Go Digital melalui aplikasi Dukcapil Ceria Mobile telah melayani permohonan sampai 119.000 permohonan dan total user akun online sebanyak 61.000 lebih dan total pengguna yang medownload aplikasi berbasis android sebanyak 10.000 lebih. Dari angka-angka pencapaian tersebut, tim evaluator menilai bahwa layanan Nagita berjalan secara berkesinambungan.