Pelatihan di Puskesmas Sintuak, Kadisdukcapil Presentasikan Service Zaman Now
Berita Terkait
- Launching Tumbler GISA, Dukcapil Kurangi Penggunaan Plastik0
- Disdukcapil Padang Pariaman Raih Penghargaan Pelayanan Kependudukan Terbaik 20190
- Terima Kunjungan Disdukcapil Kota Tangerang Selatan, Muhammad Fadhly Jelaskan Pentingnya Leadership0
- Perkuat Sistem Pelaporan Kelahiran dan Kematian, Tenaga Kesehatan Mendapat Bimbingan Teknis Pengguna0
- Dikunjungi oleh Bappeda Kabupaten Bandung, Sekretaris Dukcapil dan Kadis DPMPTP Jelaskan Inovasi-Ino0
- Tertarik dengan Pelayanan Publik Go-Digital dan Inovasi Dukcapil Ceria, Dukcapil 50 Kota Laksanakan 0
- Perkuat Pelayanan di Nagari, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman Berik0
- Narasumber di Banda Aceh, Kadisdukcapil `Inovasi Tidak Melulu Biaya Tinggi`0
- Berikan Briefing Dukcapil Ceria Go-Digital kepada Petugas Internal Dukcapil, Kadisdukcapil jelaskan 0
- Laksanakan Studi Tiru, Disdukcapil Kota Lubuk Linggau Ketahui Gambaran Konkret Dukcapil Ceria0
Berita Populer
- Mudah dan Gratis, Begini Pelayanan Online Dukcapil Padang Pariaman
- Mulai Terima Kunjungan Dari Luar Daerah, Dinas Dukcapil Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Penerimaan Tamu
- `Pulang Abih` Tetapi Tidak Mampu Mengurus Surat Pindah? Begini Caranya!
- Mau Tau Status Cetak KTP-el Anda? Ayo Cek Disini
- Cukup Menunggu 15 Menit setelah Perekaman, KTP-el Anda dapat di Cetak
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Memiliki Permasalahan Administrasi Kependudukan? Jangan Panik! Ada Layanan Pengaduan Disdukcapil
- Hubungi Kami di Layanan Pengaduan
- Persiapan Penilaian Pelayanan Publik, Ini Aspek yang Harus Dipenuhi Disdukcapil
- Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman

Padang Pariaman, 31 Juli 2019.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman memberikan presentasi pada pelatihan staf Puskesmas Sintuak, Kabupaten Padang Pariaman. Pelatihan ini ditujukan untuk mengingkatkan kualitas pelayanan puskesmas serta melengkapi akreditasi puskesmas ini yang akan dievaluasi pada tahun 2020. Sebanyak 40 orang staf puskesmas mengikuti pelatihan ini.
Pelatihan dibuka oleh pimpinan puskesmas Sintuak Drg Fidia. Pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan harapannya tentang peningkatan pelayanan kesehatan di puskesmas. Kondisi saat ini, puskesmas Sintuak adalah puskesmas yang akan melaksanakan akreditasi pada tahun 2020 dengan status yang akan ditingkatkan. Puskesmas dengan 60 orang staf ini telah melaksanakan standar pelayanan yang prima, tetapi masih perlu meningkatkan kualitas pelayanan melalui inovasi-inovasi kekinian diluar kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan. “Untuk itulah kami mengundang Bapak Kadisdukcapil, agar kita bisa mendapatkan sharing ilmu untuk inovasi-inovasi dibidang pelayanan kesehatan di Puskesmas,” jelas drg. Fidia.
Kadisdukcapil Muhammad Fadhly berkesempatan menyampaikan sharing pengalaman pelayanan yang telah dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang telah berkategori A dari Kementerian PAN dan RB RI. Selain sharing tentang pelayanan dan inovasi, Kadisdukcapil juga menguraikan tentang merubah paradigma pelayanan menuju pelayanan zaman kekinian. Pelayanan zaman now menurut Fadhly adalah pelayanan yang memposisikan pasien sebagai partner, bukan hanya sebagai pelanggan yang dilayani saat berobat. Seorang partner tidak hanya berkomunikasi pada saat perlu, tetapi juga berkomunikasi saat tidak bertatap muka langsung. Dalam pelayanan kesehatan, penerapan ini bisa dicontohkan pada saat pasien telah kembali ke rumah, namun dokter atau petugas medis tetap menjaga hubungan dengan cara mengontrol pasien melalui telepon, pesan atau bahkan surat menyurat. Sebagai contoh, pasien dengan kondisi sakit dengan kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi, pihak puskesmas dapat melakukan kontak sebagai partner dengan mengirimkan surat yang berisi informasi pola makan yang seharusnya dikonsumsi sehari-sehari. Hal ini juga bisa dilakukan dengan kontak telepon, mengontrol kondisi pasien pasca berobat ke puskesmas.
Selain itu, Fadhly menghimbau kepada staf puskesmas secara bersama-sama harus merubah mindset. Dengan merubah mindset, diharapkan kualitas pelayanan dapat berubah sehingga menimbulkan kesan baik kepada pasien tentang pelayanan puskesmas. Dengan mendapatkan pengalaman yang luar biasa dari petugas kesehatan, akan dapat menebarkan cerita positif tentang puskesmas ditengah-tengah masyarakat.
