Dukcapil Ceria Fokus Pelayanan di Nagari, Dari Smart Nagari menuju Nagari Mandiri
Berita Terkait
- Dukcapil Ceria Berbagi Inspirasi, Motivasi DPRD Tebo Duplikasi Inovasi0
- Kolaborasi Dukcapil Ceria - BPBD, Matangkan Sistem Informasi Manajemen Bencana0
- Melalui Rapat Koordinasi, Komitmen Sukseskan SP2020 Melalui Kolaborasi0
- Dukcapil Ceria - Dukcapil Pasaman Barat, Berbagi Inspirasi Pelayanan Masyarakat0
- Dukcapil Ceria, Komitmen Terhadap Kualitas Lakukan Evaluasi Tiada henti0
- Bawaslu - Dukcapil Ceria, Komitmen Bersama Pengawasan Pilkada0
- Evaluasi Standar Pelayanan Dukcapil Ceria, Kualitas adalah Prioritas0
- Layanan Online Meningkat, Tandikek Barat Gerak Cepat Dapatkan Internet Untuk Pelayanan Masyarakat0
- Pemberian Reward, Cara Cerdas Peningkatan Kualitas0
- Dukcapil Ceria New Normal0
Berita Populer
- Mudah dan Gratis, Begini Pelayanan Online Dukcapil Padang Pariaman
- Cukup Menunggu 15 Menit setelah Perekaman, KTP-el Anda dapat di Cetak
- Mulai Terima Kunjungan Dari Luar Daerah, Dinas Dukcapil Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Penerimaan Tamu
- `Pulang Abih` Tetapi Tidak Mampu Mengurus Surat Pindah? Begini Caranya!
- Mau Tau Status Cetak KTP-el Anda? Ayo Cek Disini
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Hubungi Kami di Layanan Pengaduan
- Persiapan Penilaian Pelayanan Publik, Ini Aspek yang Harus Dipenuhi Disdukcapil
- Memiliki Permasalahan Administrasi Kependudukan? Jangan Panik! Ada Layanan Pengaduan Disdukcapil
- Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman
Padang Pariaman, 12 Februari 2020
Dukcapil Ceria memulai pengembangan Nagari Sadar Administrasi Kependudukan dan Nagari Role Model Pelayanan Publik, dengan melakukan pertemuan dengan Wali Nagari terpilih pada Rabu 12 Februari 2020 di Prisma Room Dukcapil Ceria.
Kebijakan ini merupakan bagian dari pembinaan terhadap Nagari go digital. Dua puluh dari 103 nagari di Kabupaten Padang Pariaman terpilih sebagai Nagari Sadar Administrasi Kependudukan dan Nagari Role Model Pelayanan Publik. Kebijakan ini merupakan pengembangan secara berkelanjutan dari Nagari go digital (Baca: Nagari Go Digital, Program Disdukcapil Untuk Permudah Pelayanan di Era Millenial). Indikator terpilihnya nagari ini adalah :
- User
Perkembangan user aplikasi dukcapil ceria mobile yang menduduki peringkat tertinggi di antara 103 nagari. - Sumber Daya Manusia
Dengan indikator kemampuan komunikasi, kerjasama tim, kuantitas dan kualitas, serta komitmen dan konsistensi SDM dalam mengelola dan melakukan peningkatan kualitas pelayanan publik. - Sarana Prasarana
Tersedianya perangkat pelayanan yang mendukung program nagari go digital. - Opensid
Tingkat perkembangan OPENSID (sistem informasi desa).
20 Nagari ini adalah:
1. Katapiang;
2. Sandi Ulakan;
3. Kayu Tanam;
4. Lareh Nan Panjang Selatan;
5. Kurai Taji;
6. Kasang;
7. Sicincin;
8. Kurai Taji Timur;
9. Lubuk Alung;
10. Malai V Suku;
11. Gasan Gadang;
12. Campago;
13. Batu Kalang;
14. Balah Aie;
15. Padang Toboh Ulakan;
16. Malai III Koto;
17. Tapakih;
18. Guguak;
19. Koto Dalam Selatan;
20. Parit Malintang.
Dalam pemaparan, Kadis Dukcapil Ceria menjelaskan konsep Smart Nagari. Smart Nagari merupakan turunan dari konsep Smart City. Dengan penerapan Nagari Sadar Administrasi Kependudukan dan Nagari Role Model Pelayanan Publik akan mendorong penerapan Smart Nagari. Kebijakan Nagari Sadar Administrasi Kependudukan dan Nagari Role Model Pelayanan Publik merupakan bagain yang terintegrasi dengan kebijakan Nagari go digital. Dengan Kebijakan ini diharapkan akurasi data kependudukan di Nagari selalu terkini (up to date), serta pelaksanaan pelayanan di Nagari berbasis NIK dan dilakukan dalam konsep ONE STOP SERVICE.
Untuk mendukung kebijakan ini Dukcapil Ceria sedangkan menyiapkan sistem berbasis aplikasi Prisma Nagari. Dengan aplikasi yang terkoneksi dengan SIAK Nagari, Pemerintah Nagari bisa melakukan monitor terhadap perkembangan data kependudukan secara real time. Ke depannya kebijakan ini akan dilakukan koneksi dengan aplikasi Profil Desa/Kelurahan (Prodeskel) sehingga penginputan data kependudukan ke aplikasi prodeskel tidak dilakukan dengan manual seperti saat ini.
Dukungan kebijakan berikutnya adalah Dukcapil akan menyiapkan pembinaan teknis kepada perangkat Nagari. Pembinaan teknis dilakukan kepada Sekretaris Nagari, Kasi Pemerintahan, dan Kasi Pelayanan. Pembinaan teknis terhadap Sekretaris Nagari terkait teknis Nagari Sadar Administrasi Kependudukan dan Nagari Role MOdel Pelayanan Publik. Pembinaan terhadap Kasi Pemerintahan terkait operasional Administrasi Kependudukan. Sedangkan pembinaan terhadap Kasi Pelayanan terkait role model pelayanan publik sesuai dengan kemajuan teknologi saat ini.
Pada akhir pemaparan, Kadis Dukcapil Ceria dibantu oleh Administrator Database (ADB) Dukcapil Ceria melakukan demontrasi pengembangan aplikasi Dukcapil Ceria. Pengembangan aplikasi dilakukan dalam bentuk penyempurnaan tahapan proses cetak dokumen kependudukan di Nagari. Pada tahapan sebelumnya file PDF dokumen administrasi kependudukan yang sudah tanda tangan elektronik (TTE) oleh Kadis Dukcapil Ceria dikirim melalui email Nagari. Dengan pengembangan aplikasi proses ini dihilangkan. Aplikasi dilengkapi dengan barcode, sehingga pelaksanaan pencetakan dokumen bisa dilakukan dengan memindai kode barcode ke perangkat pemindai yang terkoneksi ke desktop, sehingga proses lebih efisien dan efektif. Dengan konsep ini Kadis Dukcapil Ceria memberikan tagline, dari Smart Nagari menuju Nagari Mandiri
Semangat inovasi dari Dukcapil Ceria…
Inspirasi inovasi untuk kemajuan Negeri…