Jadi Narasumber, Kadis Dukcapil Ceria berikan Pelatihan pada Aparatur Dukcapil 50 Kota

By DUKCAPIL CERIA 14 Des 2019, 13:45:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Jadi Narasumber, Kadis Dukcapil Ceria berikan Pelatihan pada Aparatur Dukcapil 50 Kota

Padang Pariaman, 14 Desember 2019

Komitmen dari top leader sangat menentukan keberhasilan pengembangan inovasi dalam sebuah organisasi. Sebagai wujud dari penerapan komitmen tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, M. Fadhly S, AP, MM melakukan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota pada Sabtu - Minggu, 14 - 15 Desember 2019 bertempat di Wisma Flamboyan Kota Payakumbuh. Pelatihan diikuti oleh seluruh pejabat struktural, fungsional umum dan petugas front office Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari studi tiru yang dilaksanakan oleh Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota ke Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman pada 4 Oktober 2019 (Baca : Tertarik dengan Pelayanan Publik Go-Digital dan Inovasi Dukcapil Ceria, Dukcapil 50 Kota Laksanakan Studi Tiru).

Dukcapil Ceria melalui Kadis Dukcapil M. Fadhly. S, AP, MM memberikan pemaparan materi terkait dengan kebijakan pengembangan inovasi serta Nagari Go Digital. Pengembangan inovasi membutuhkan lingkungan kerja yang kondusif. Dengan lingkungan kerja yang kondusif akan memberi dampak kebebasan psikologis bagi pegawai untuk berekspresi dan berimprovisasi. Kebebasan  berekspresi dan berimprovisasi merupakan pemicu awal untuk menumbuhkan ide inovasi. Inovasi merupakan ruh bagi keberlangsungan siklus kehidupan organisasi. Organisasi yang tidak melakukan inovasi akan terlindas dengan kemajuan teknologi.  

80058784_10218991624769159_5786524882879643648_n.jpg

Untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif sangat dibutuhkan komitmen dari pimpinan serta seluruh anggota organisasi. Team work merupakan faktor utama dalam pengembangan inovasi. Team work akan memberikan hasil yang maksimal untuk pengembangan inovasi melalui manajemen yang transparan dalam organisasi.

Kebijakan Nagari go digital yang diterapkan oleh Dukcapil Ceria melalui pengembangan aplikasi si Pakem dan aplikasi Dukcapil Ceria Mobile mendapat apresiasi dari peserta pelatihan. Melalui aplikasi Dukcapil  Ceria mobile masyarakat bisa menikmati layanan Dukcapil Ceria tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Dengan kebijakan Nagari go digital, saat ini di Kabupaten Padang Pariaman sudah 66 Nagari yang bisa melakukan layanan cetak dokumen kependudukan di Nagari (Baca: Menuju Kabupaten Go Digital, Enam Kecamatan sudah bisa laksanakan cetak dokumen adminduk di Nagari)

Dukcapil Ceria, Semangat inovasi menginspirasi Negeri.