Sukseskan Tahapan SP 2020, Dukcapil Ceria Kolaborasi Bersama BPS

By DUKCAPIL CERIA 17 Des 2019, 14:55:00 WIB forum dukcapil sumbar

Berita Terkait

Berita Populer

Sukseskan Tahapan SP 2020, Dukcapil Ceria Kolaborasi Bersama BPS

Padang Pariaman, 17 Desember 2019

Dukcapil Ceria menerima kunjungan koordinasi dari Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Padang Pariaman Alfianto pada Selasa pagi, 17 Desember 2019. Koordinasi ini sebagai tindak lanjut kegiatan Rapat Koordinasi BPS dan Dukcapil se Sumatera Barat pada 10 Desember 2019 di Padang. (Baca : Koordinasi Persiapan Sensus Penduduk 2020, BPS dan Disdukcapil se-Sumatera Barat Laksanakan Rapat)

Dalam diskusi ringan di Dukcapil Ceria, Kepala BPS Kabupaten Padang Pariaman menyampaikan beberapa kebijakan teknis untuk pelaksanaan sosialisasi Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP 2020). Untuk pelaksanaan sosialisasi SP 2020 ke Nagari, BPS akan melakukan kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan terkait Nagari. Dengan kolaborasi diharapkan pelaksanaan SP 2020 bisa memberikan hasil akurasi yang maksimal data kependudukan untuk penyusunan kebijakan strategis nantinya.

Dukcapil Ceria dengan kebijakan Nagari go digital memaparkan beberapa pelaksanaan tahapan kebijakan untuk penerapan kebijakan. Dukcapil Ceria sudah melakukan fasilitasi layanan cetak dokumen kependudukan dan pencatatan sipil bagi 66 Nagari di Kabupaten Padang Pariaman. Dokumen adminduk yang bisa dicetak di Nagari adalah kartu keluarga, akte kelahiran, dan akte kematian. (Baca : Menuju Kabupaten Go Digital, Enam Kecamatan sudah bisa laksanakan cetak dokumen adminduk di Nagari)

Dari pemaparan Dukcapil Ceria terkait kebijakan Nagari go digital, BPS tertarik untuk melakukan kolaborasi dengan Dukcapil Ceria dalam pelaksanaan sosialisasi SP 2020 ke Nagari. Kebijakan Nagari go digital berbasis teknologi informasi sejalan dengan pelaksanaan SP 2020 yang menggunakan teknologi informasi, diantaranya pada tahapan ketiga yaitu Pendataan Mandiri Melalui CAWI (Computer Aided Web Interviewing). Dukcapil Ceria akan menggandeng BPS dalam pelaksanaan tahapan Nagari go digital untuk paralel dengan sosialisasi SP 2020.

Dengan Kolaborasi diciptakan inovasi menuju akurasi data di Nagari
Semangat go digital inspirasi inovasi dari Nagari untuk kemajuan Negeri.