Melahirkan di Rumah Sakit Aisyiah Pariaman? Ajek Siap Mengantarkan Akte Kelahiran Anda Untuk Langsun
Berita Terkait
- Koneksi DWH dengan openSID Tingkatkan Efektivitas Nagari Go Digital0
- Pelayanan KIA, \"Tertib Administrasi Usia Dini\"0
- Survey Pelayanan 2019, Kadisdukcapil Tandatangani Janji Perbaikan0
- Permudah Masyarakat, Dukcapil Ceria Berikan Layanan Khusus di RS0
- Terima Hasil SKM, Dukcapil Ceria Evaluasi Layanan 2019 dan Planning Tahun Depan0
- Tingkatkan Pelayanan, Dukcapil Padang Pariaman Layani Lansia Dengan Antrian Khusus0
- Terima Kunjungan dari DPPKBKPS, Dukcapil Serahkan Verval Data Stunting0
- Dukcapil Padang Pariaman Terima Penghargaan Pelayanan Prima0
- Dukcapil Ceria Berbagi Semangat Inovasi untuk Kemajuan Negeri0
- Dukcapil Padang Pariaman Terima Penghargaan Gubernur Sumatera Barat0
Berita Populer
- Mudah dan Gratis, Begini Pelayanan Online Dukcapil Padang Pariaman
- Cukup Menunggu 15 Menit setelah Perekaman, KTP-el Anda dapat di Cetak
- Mulai Terima Kunjungan Dari Luar Daerah, Dinas Dukcapil Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Penerimaan Tamu
- `Pulang Abih` Tetapi Tidak Mampu Mengurus Surat Pindah? Begini Caranya!
- Mau Tau Status Cetak KTP-el Anda? Ayo Cek Disini
- Mengenal Sosok Adib Alfikri, Pejabat Sementara Bupati Padang Pariaman
- Hubungi Kami di Layanan Pengaduan
- Memiliki Permasalahan Administrasi Kependudukan? Jangan Panik! Ada Layanan Pengaduan Disdukcapil
- Persiapan Penilaian Pelayanan Publik, Ini Aspek yang Harus Dipenuhi Disdukcapil
- Nagari Go Digital Manjakan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman
Akte kelahiran, dokumen yang selalu menjadi persyaratan penting untuk berurusan di berbagai pusat pelayanan publik. Karena perannya yang sangat penting, seringkali masyarakat mengurusnya disaat-saat dokumen tersebut diperlukan dan ingin cepat selesai, suatu gejala yang berkembang ditengah-tengah masyarakat sampai saat ini. Oleh sebab itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil meluncurkan program baru bekerjasama dengan para pihak untuk membantu masyarakat agar lebih cepat mendapatkan dokumen kependudukan.
"Program ini kami namakan ALPA BETA, (Anak Lahir Pulang Bersama Akta) yang didukung oleh AJEK (Antar Jemput administrasi Kependudukan),"terang Muhammad Fadhly, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman.
Lantas, bagaimana program ini diluncurkan? Kasi Kelahiran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, M. Devid, S.STP menjelaskan bahwa program ini telah dipersiapkan perencanaannya sejak tahun 2016 dan telah di softlaunching pada awal tahun 2017. "Setelah itu kami mempersiapkan sarana dan prasarananya beserta SOP pada masing-masing stakeholder yang terlibat dalam program ini. Saat ini sudah berjalan dan kita terus membenahi prosesnya agar semakin sempurna dan menambah kerjasama dengan puskesmas-puskesmas. Klinik Aisyiah Pariaman adalah salah satu mitra kami untuk program ini. Siapa yang melahirkan di klinik Aisyiah, nanti petugas klinik akan memproses administrasinya, proses selanjutnya berjalan dan kami akan mengantarkan akte kelahiran anak yang baru lahir sebelum mereka pulang ke rumah," ujar M. Devid menjelaskan.
Program ini adalah inovasi pejabat eselon IV pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang memang diwajibkan untuk terus membenahi setiap sarana yang dapat mendukung pencapaian target pelayanan akte kelahiran maupun KTP Elektronik. Program ini kemudian dikembangkan dengan 25 Puskesmas dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kerjasama dengan klinik swasta manapun yang melakukan peyananan persalinan.
Bupati Padang Pariaman sebelumnya menjelaskan bahwa program ini sangat didukung oleh pemerintah daerah. "Bahkan kita akan menambah sepeda motor A-jek sesuai kebutuhan. Yang penting pelaksanaan pelayanan dapat ditingkatkan terus menerus," ujar Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni.
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tahun ini meluncurkan beberapa program baru, selain Alpa Beta dan Ajek yaitu Dukcapil Weekend Service, Mitra PMI dan Kadoku KTP-elektronik bagi siswa siswa SMA.