Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman ikut serta dalam Layang Padu

By DUKCAPIL CERIA 15 Nov 2017, 14:37:26 WIB Pencatatan sipil

Berita Terkait

Berita Populer

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman ikut serta dalam Layang Padu

Padang Pariaman, Pada hari rabu tanggal 15 november 2017 diadakan Layang Padu (Layanan Lapangan Terpadu) yang diikuti oleh tim-tim dari berbagai instansi, diantaranya tim Polres Kabupaten Padang Pariaman, tim Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman, tim UPTKB, tim BPJS, tim Dinas Perizinan Kabupaten Padang Pariaman, tim nagari , tim kecamatan, dan tim Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman. Kegiatan ini bertempat di kantor pemuda korong ringan-ringan nagari pakandangan kecamatan enam lingkung dan diikuti oleh 150 sampai 200 orang masyarakat. Kegiatan dilakukan untuk menjangkau masyarakat secara langsung yang dilakukan bergiliran disetiap korong sebanyak 3 kali sebulan.

Layang Padu  ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam  pengurusan dokumen berbagai instansi dan memberikan pelayanan kesehatan serta penyuluhan secara gratis. Kemudahan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat diantaranya dapat melakukan pembuatan KK, Akta Kelahiran, KTP dan Surat Keterangan pindah datang, cek golongan darah dan asam urat, konsultasi KB dan pemasangan KB, Pembuatan kartu BPJS, Pengurusan Administrasi Nagari, Penyuluhan Kantibmas, dan pelayanan lainnya.  Masyarakat hanya perlu datang membawa berkas pendukung pengurusan dokumen tersebut.

Sebagai gambaran manfaat dari acara ini adalah jika masyarakat ingin melakukan pengurusan kartu BPJS, ternyata data kependudukan yang bersangkutan ada kesalahan, maka masyarakat bisa langsung mengunjungi stan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk perbaikan data.

IMG 20171116 WA0000Pengurusan dokumen  kependudukan langsung yang dapat dilakukan masyarakat di acara Layang Padu  di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman diantaranya pembuatan akta kelahiran, Pengurusan KTP, Pengurusan Surat Pindah dan pengurusan KK . Keunggulan layanan ini adalah masyarakat dapat mengambil langsung berkas yang di urus, dan semua layanan ini gratis. Pada hari rabu ini, sebanyak 75 buah akta kelahiran telah di terbitkan dalam kegiatan ini. “Kegiatan ini sangat baik untuk dilaksanakan, semoga Kegiatan ini dapat ditiru oleh kecamatan lainnya, sudah saatnya kita mensejahterakan rakyat ” kata Drs. Martoni selaku Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. “Kami berkomitmen memberikan pelayanan maksimal, dalam kegiatan ini masyarakat dapat menerima langsung akta kelahiran yang diurus” Zeta Hidayati Selaku Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil menambahkan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil selalu berpartisipasi dan ikut serta dalam kegiatan Layang Padu ini sebagai wujud dalam pencapaian pelayanan maksimal.

Acara ini memiliki tujuan yang baik dan diharapkan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.“kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan acara ini dengan sebaik-baiknya, dan kami berencana diacara berikutnya  masyarakat dapat melakukan pembuatan SIM kendaraan secara langsung” tutur Camat Enam Lingkung. “kami merasa dimudahkan oleh kegiatan ini, diharapkan tetap dilaksanakan untuk waktu mendatang” tambah  salah satu masyarakat.