Layanan Langsung Jadi Ditempat Akan Beroperasi Di Nagari Kuranji Hulu

By DUKCAPIL CERIA 15 Des 2017, 14:54:08 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Layanan Langsung Jadi Ditempat Akan Beroperasi Di Nagari Kuranji Hulu

Padang Pariaman, 15 Desember 2017. Bulan Desember menjadi bulan terakhir bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman untuk mencapai target kinerja pelayanan terutama yang berhubungan dengan kepemilikan dokumen kependudukan masyarakat.

Program pelayanan yang selama ini dipersiapkan tidak semuanya menjadikan minat masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan menjadi meningkat. Masih banyak ditemukan masyarakat yang tidak pernah melakukan pembaharuan data kependudukan meskipun peristiwa perubahan status kependudukan telah terjadi seperti telah menikah, kelahiran anak, pindah, meninggal dan sebagainya. Hal ini menjadi kajian bagi Dinas Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman untuk dilayani dengan cara yang berbeda dan Kecamatan Sungai Geringging menjadi target pada akhir tahun ini untuk dilayani.

Sebanyak 30.359 penduduk kecamatan Sungai Geringging saat ini terbagi kedalam 4 Nagari. Salah satu nagari akan menjadi objek pelayanan Pedang Saber Versi 2 Online Langsung Jadi Ditempat yang akan dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman. Pelayanan yang akan berlangsung selama 4 (empat) hari kalender ini akan dilaksanakan pada tanggal 20 sampai dengan 23 Desember 2017 bertempat di Kantor Walinagari Kuranji Hulu. 

Sebanyak 7 petugas akan melayani kebutuhan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil masyarakat yaitu perekaman dan cetak KTP-el, penerbitan akte kelahiran, akte kematian dan kartu keluarga serta surat keterangan pindah datang WNI. Layanan ini juga didukung oleh jaringan mobile yang telah dipersiapkan tim teknis Disdukcapil Padang Pariaman. 

Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni menyambut baik model pelayanan langsung ini. “Sesuai dengan slogan kita, “saatnya rakyat menikmati”, ungkap beliau menjelaskan. Beliau menambahkan bahwa pelayanan saat ini sudah harus berorientasi mudah, cepat dan dekat. Mudah urusannya, cepat pelaksanaannya dan ada disekitar masyarakat bertempat tinggal. “Inilah yang disebut saatnya rakyat merasakan keberadaan pemerintah yang ada disekitarnya dan begitu dekat”, ungkap beliau.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Drs. Martoni yang menjadi koordinator lapangan pelayanan ini akan memantau pelaksanaan pelayanan ini. “Kita akan membereskan adminduk pernagari secara bertahap satu demi satu. Pelayanan yang fokus seperti ini juga untuk mendukung program kita di tahun 2018 yaitu membangun Nagari Tertib Dukcapil”, ungkap Martoni. Pelayanan yang langsung jadi ditempat ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat kecamatan Sungai Geringging selama pelaksanaannya. 

(Kontributor : Drs. Martoni)