Hari Pertama Kerja Tahun 2020, Dukcapil Ceria Monev Nagari Go Digital

By DUKCAPIL CERIA 02 Jan 2020, 14:43:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Hari Pertama Kerja Tahun 2020, Dukcapil Ceria Monev Nagari Go Digital

Padang Pariaman, 2 Januari 2020

Dukcapil Ceria menunjukkan kesungguhan untuk selalu memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang terbaik kepada masyarakat. Sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan melalui kebijakan Nagari Go Digital, Dukcapil Ceria melakukan monitoring dan evaluasi ke Nagari. Hari kerja pertama tahun 2020 diawali dengan monev ke Nagari Limpato Sungai Sariak Kecamatan VII Koto.

Monev Dukcapil Ceria dipimpin oleh Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Andriyani, SE, MM, Fauzi Al Azhar, SAP, MAP, Kasi Pendataan Penduduk, Yenni Zulvia, Kasi Kerjasama, dan Zulhari A.Md Administrator Database (ADB Dukcapil). Monev dilakukan secara acak terhadap Nagari untuk melihat perkembangan pelaksanaan Nagari go digital pada masing-masing Nagari. Kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari telah dilakukan fasilitasi layanan cetak dokumen kependudukan untuk seluruh Nagari di Kabupaten Padang Pariaman pada akhir tahun 2019. (Baca: 2020, Dokumen Kependudukan Bisa Cetak Langsung di Seluruh Nagari).

Di Nagari Limpato Sungai Sariak, Dukcapil Ceria melakukan dengan diskusi dengan semua Perangkat Nagari dan Staf yang berada di Kantor Nagari. Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Andriyani, SE, MM memaparkan kebijakan Nagari go digital di Padang Pariaman. Pada kegiatan diskusi dipandu oleh Zulhari, A.Md untuk penjelasan kebijakan teknis Nagari go digital. Beberapa kendala yang dihadapi di Nagari adalah masih banyak data kependudukan yang tidak ditemukan dalam pelaksanaan instalasi aplikasi Dukcapil Ceria Mobile, sebagaimana diungkapkan oleh Tuti, Kasi Pelayanan. Kendala lainnya adalah proses untuk pembuatan akun dengan menggunakan data nomor handphone dan akun email yang sering gagal.

Dari hasil monev Dukcapil Ceria akan melakukan penyempurnaan terhadap berbagai jenis Standar Operasional Prosedur (SOP) sehingga seluruh layanan bisa terlaksana secara efektif dan efisien. Layanan cetak dokumen kependudukan di Nagari merupakan salah satu bagian dari tahapan kebijakan Nagari go digital Dukcapil Ceria. Dengan kebijakan Nagari go digital, inovasi layanan yang memberi kemudahan kepada masyarakat untuk menikmati layanan adminduk dalam genggaman.

Semangat go digital inspirasi inovasi dari Nagari untuk kemajuan Negeri.