Berkategori Pelayanan Prima, Minggu ini Disdukcapil Akan Dikunjungi Empat Instansi

By DUKCAPIL CERIA 27 Jan 2020, 15:10:00 WIB inovasi pelayanan

Berita Terkait

Berita Populer

Berkategori Pelayanan Prima, Minggu ini Disdukcapil Akan Dikunjungi Empat Instansi

Padang Pariaman, 27 Januari 2020

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman untuk pertama kalinya, dan satu-satunya organisasi perangkat daerah Dukcapil yang menjadi role model Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima di wilayah I. Penghargaan tersebut diserahkan oleh oleh Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo kepada Bupati Padang Pariaman dalam acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB di Hotel Aston Batam, tanggal 7 November 2019. (Baca: Menjadi Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima, ini Kriteria Yang Dipenuhi Disdukcapil Padang Pariaman).

Sebagai satu-satunya OPD berkategori pelayanan prima di wilayah I, Dukcapil Ceria menjadi referensi bagi instansi pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Tidak hanya OPD Dukcapil tetapi OPD pelayanan publik lainnya yang berbeda kewenangan dengan Dukcapil. Sejak mendapat predikat pelayanan prima, jumlah kunjungan ke Dukcapil Ceria meningkat dalam rangka konsultasi terkait peningkatan kualitas pelayanan publik. Peningkatan tersebut lebih tinggi dibanding sebelum penerimaan penghargaan pelayanan prima.

Dalam minggu ini Dukcapil Ceria akan dikunjungi oleh empat instansi dalam rangka studi pengembangan inovasi. Tiga instansi adalah OPD Dukcapil dan satu instansi adalah OPD Kesehatan. OPD Dukcapil adalah Dukcapil Kabupaten Siak Provinsi Riau, Dukcapil Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Provinsi Sumatera Selatan, dan Dukcapil Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. Ketiga OPD Dukcapil dimaksud akan melakukan kunjungan pada Selasa, 28 Januari di Prisma Room Dukcapil. Sedangkan OPD Kesehatan adalah Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Labooratorium Kesehatan akan melakukan kunjungan pada Rabu, 29 Januari 2020.

Tiga OPD diatas memiliki fokus konsultasi yang berbeda. Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dukcapil Kabupaten Siak akan melakukan konsultasi terkait penerapan tanda tangan elektronik (TTE) berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 7 Tahun 2019. Dukcapil Ceria sudah lama menerapkan TTE pada empat dokumen administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, yaitu kartu keluarga, akte kelahiran, akte kematian, dan surat pindah. Sejak awal tahun, semua dokumen administrasi kependudukan dan pencatatan sipil sudah menggunakan TTE.

Dukcapil Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Provinsi Sumatera Selatan, akan melakukan konsultasi terkait : Pengembangan inovasi pelayanan publik Dukcapil Ceria; Penerapan aplikasi si Pakem; dan Rancangan dan Mekanisme Prisma Dukcapil (Pusat Riset dan Manajemen Data Kependudukan dan Pencatatan Sipil). Sedangkan Dukcapil Kabupaten Dharmasraya akan melakukan konsultasi terkait pengembangan inovasi pelayanan publik untuk peningkatan kualitas pelayanan.

Instansi terakhir yang telah melakukan konfirmasi kunjungan adalah UPTD Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. UPTD Labkes yang beralamat di Gunung Pangilun Padang akan melakukan konsultasi dan sharing informasi dengan Dukcapil Ceria terkait peningkatan pelayanan publik untuk kegiatan pelayanan prima dan inovasi pelayanan pada UPTD Laboratorum Kesehatan. Dukcapil Ceria dalam pelayanan publik bidang kesehatan sudah melakukan kolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman serta seluruh Puskesmas di Kabupaten Padang Pariaman. RSUD Padang Pariaman merupakan salah satu mitra kolaborasi Dukcapil Ceria dalam peningkatan kualitas pelayanan dalam bidang kesehatan.

Semangat inovasi dari Dukcapil Ceria.
Dukcapil Ceria inspirasi inovasi untuk kemajuan Negeri.