Implementasi Kolaborasi Inovasi
Dukcapil Ceria - BPBD Tandatangan Perjanjian Kerjasama Tanggap Bencana

By DUKCAPIL CERIA 26 Apr 2021, 08:47:00 WIB pemanfaatan data kependudukan
Implementasi Kolaborasi Inovasi

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadhly. S, AP, MM bersama Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Padang Pariaman Budi Mulya, ST, M.Eng berkenan menandatangani naskah perjanjian kerjasama (PKS) pemanfaatan data kependudukan antara Disdukcapil Padang Pariaman dengan BPBD Kabupaten Padang Pariaman. Penandatanganan PKS disaksikan oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM.

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari beberapa koordinasi antara Disdukcapil dengan BPBD. Pertemuan intensif terakhir dengan melibatkan Kepala Disdukcapil dan Kepala Pelaksana BPBD serta kepala bidang dan Kasi terkait adalah pada Rabu 17 Maret 2021 di Kantor Nagari Seulayat Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih.

PKS ini merupakan payung bagi pemanfaatan data kependudukan dalam aplikasi inovasi pada BPBD Kabupaten dalam pengembangan peta bencana berbasis data GIS (geospatial information system). Dengan model peta ini, maka penduduk yang berada pada wilayah memiliki potensi bencana sudah terpetakan berdasarkan titik koordinat serta data nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga.

Nagari Seulayat Ulakan merupakan lokasi pilot project pengembangan peta siaga bencana. Peta siaga bencana ini dengan kekhususan terhadap potensi risiko tsunami. Dengan pengembangan di Nagari Seulayat Ulakan, maka akan dilakukan pengembangan peta untuk Nagari berikutnya secara bertahap sesuai dengan dukungan anggaran.

Pelaksanaan penandatanganan PKS dilaksanakan setelah apel gabungan BPBD di halaman Kantor Bupati Padang Pariaman. Apel gabungan BPBD dilakukan dalam rangka memperingat Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional. Apel siaga dipimpin oleh Wakil Bupati dan diikuti oleh unsur BPBD, unsur Polres Padang Pariaman, Kodim 0308 Pariaman, Satpol PP dan Damkar, unsur Basarnas, unsur terkait, Kwarcab Pramuka, PMI, RAPI, Orari, Organisasi Kepemudaan, dan Organisasi dan Lembaga Kebencanaan se Kabupaten Padang Pariaman.